Mudik 2018

Tiba di DIY, Pemudik Jalur Pansela Bakal Disambut 36 Pantai Super Cantik

Pemudik yang melakukan perjalanan dari Jakarta ke Yogyakarta, nantinya akan disambut 36 pantai yang tersebar di DIY

Tiba di DIY, Pemudik Jalur Pansela Bakal Disambut 36 Pantai Super Cantik
Tribun Jogja/ Ahmad Syarifudin
Wisatawan tengah bermain di tepi Pantai Depok, Rabu (16/5/2018) 

TRIBUNJOGJA.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mempromosikan jalur pantai selatan (pansela) Jawa menjadi jalur alternatif arus mudik menjelang tahun 2018 ini.

Jalur pansela Jawa terbentang sepanjang 1.405 kilometer mulai dari Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), sampai ke Jawa Tmur.

Jika pemudik berencana melakukan perjalanan dari Jakarta ke Yogyakarta, nantinya melintasi 56 obyek wisata pantai yang tersebar di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DIY.

Inilah salah satu alasan Kementerian PUPR gencar menyosialisasikan para pemudik untuk menggunakan jalur pansela karena banyaknya obyek wisata di sana.

Menurut data Kementerian PUPR, ada 13 obyek wisata pantai menarik yang bisa dikunjungi di sepanjang pansela Jawa Barat, yaitu Pantai Geopark dan Pantai Ujung Genteng di ruas jalan Surade, Kabupaten Sukabumi.

Kemudian, ada Pantai Tegal Buleud di ruas jalan Tegal Buleud di kabupaten yang sama. Selanjutnya, pemudik bisa menikmati Pantai Arafa di ruas jalan Sindangbarang, Kabupaten Cianjur. Masuk ke Kabupaten Cianjur, di ruas jalan Cilaki bisa ditemui Jembatan Cilaki yang merupakan jembatan penghubung dengan Kabupaten Garut.

Berikutnya di Kabupaten Garut, ada Pantai Rancabuaya dan Pantai Guha di ruas jalan Rancabuaya, Cijayana; Pantai Cijayana di ruas jalan Cijayana; Pantai Sayang Heulang di ruas jalan Cialutereun; dan Pantai Santolo di ruas jalan Sp Cialutereun.

Berlanjut ke Kabupaten Pangandaran, ada Pantai Mandasari di ruas jalan Kalapagenep, Pantai Batu Hiu di ruas jalan Pangandaran; dan Pantai Pangandaran yang berada di ruas jalan yang sama.

Terakhir, terdapat Pantai Karangtawulan di sepanjang ruas jalan Cipatujah di Kabupaten Tasikmalaya.

Masuk ke Provinsi Jawa Tengah, ada empat kabupaten yang menyajikan pemandangan pantai tidak kalah indahnya dari daerah lain.

Halaman
12
Editor: mon
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help