Kulonprogo

Lebaran Tanpa Listrik Padam di Kulonprogo

Jikapun terjadi pemadaman listrik, hal itu dimungkinkan karena gangguan pada jaringan ataupun kerusakan trafo distribusi.

Lebaran Tanpa Listrik Padam di Kulonprogo
net
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO - Pasokan daya listrik untuk wilayah Kulonprogo dipastikan aman selama masa Lebaran 2018 ini.

Jikapun terjadi pemadaman listrik, hal itu dimungkinkan karena gangguan pada jaringan ataupun kerusakan trafo distribusi.

PT PLN Rayon Wates telah melakukan antisipasi masa Lebaran dengan sejumlah kegiatan seperti pemeliharaan jaringan, penggantian kapasitor maupun kabel yang rusak.

Melalui hal itu, Manajer PT PLN Rayon Wates, Didik Supriyadi optimistis jaringan listrik dalam kondisi sudah baik dan siap menyambut lebaran.

Dia memastikan pada H-7 hingga H+7 Idul Fitri tidak ada pemadaman listrik.

Baca: Prosedur Mengganti kWh Meter yang Rusak Akibat Trafo Meledak

"Kecuali hanya hal-hal urgen seperti perbaikan karena ada gangguan jaringan atau kerusakan komponen dan kelebihan beban, pemadaman tidak akan terjadi," kata Didik, Rabu (6/6/2018).

Saat ini, daya listrik tersedia untuk sekitar 129 ribu pelanggan di Kulonprogo disebutnya masih sangat mencukupi.

Di Gardu Induk Glagah terdapat dua buah trafo dengan kapasitas 30 Mega Volt Ampere (MVA) dan 60 MVA. Trafo berkapasitas 30 MVA itu pada kondisi normal baru terpakai sekitar 24 persen atau masih di bawah ambang batas atas maksimal 80 persen.

Baca: Ini yang Harus Dilakukan Apabila Ada Trafo Meledak dan Meteran Rumah Gosong

Sedangkan trafo 60 MVA baru terpakai sekitar 60 persen saja.

Dengan kondisi tersebut, dipastikannya tidak akan terjadi kelebihan beban pada trafo yang memungkinkan terjadi listrik padam.

"Porsi dayanya masih leluasa. Kami juga menyiagakan 54 orang petugas pelayanan gangguan di Pos Wates, Nanggulan, Kalibawang, Galur dan Temon," kata dia.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: ing
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help