Gunungkidul

Wisatawan Gunungkidul Diharapkan Sadar Jaga Kebersihan Objek Wisata

Saat libur lebaran mendatang, wisatawan yang akan berkunjung ke Gunungkidul diharapkan sadar terhadap kebersihan tempat wisata.

Wisatawan Gunungkidul Diharapkan Sadar Jaga Kebersihan Objek Wisata
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri
Pemandangan kawasan wisata Pantai Baron, Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul dilihat dari Mercusuar, Kamis (15/3/2018). 

Laporan Calon Reporter Tribun Jogja, Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Saat libur lebaran mendatang, wisatawan yang akan berkunjung ke Gunungkidul diharapkan sadar terhadap kebersihan tempat wisata.

Hal ini dikarenakan selama ini wisatawan dinilai masih kurang menjaga kebersihan sehingga sering pada puncak wisata sampah berserakan.

Untuk mengatasi hal itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gunungkidul, Agus Priyanto mengatakan saat puncak libur lebaran pihaknya akan bekerja lebih ekstra.

"Kami memang kekurangan personil di daerah pantai, hanya ada 24 orang. Saat libur lebaran, petugas kebersihan bisa dibilang tidak libur. Akan tetapi, kami terbantu dengan adanya kelompok sadar wisata (pokdarwis)," tuturnya.

Ia mengatakan, untuk permasalahan sampah tidak hanya menjadi tanggung jawab DLH saja, tetapi harus didukung dengan kesadaran wisatawan agar tidak membuang sampah sembarangan.

"Fasilitas yang diberikan seperti tempat sampah itu sendiri sebagai pemicu wisatawan agar sadar terhadap kebersihan," katanya.

Selanjutnya ia mengatakan untuk mengubah perilaku wisatawan untuk tidak membuang sampah sembarangan dan mengurangi penggunaan kantong plastik, yang dapat mengotori tempat wisata masih sangat sulit dan perlu proses.

"Tidak hanya masalah sampah, tetapi masyarakat perlu pembinaan terus menerus agar dapat mengelola sampah menjadi lebih bernilai, kalau perlu kami akan memberikan pelatihan dan pembinaan ke ringkat RT," terangnya.

Disinggung terkait pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) ia mengatakan konsultan sudah melihat kondisi tempat, yang rencananya di desa Banjar, Tanjungsari.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Harry Sukmono mengatakan untuk mengantisipasi sampah wisatawan pada puncak lebaran pihaknya sudah berkoordinasi dengan DLH.

"Target wisatawan kami sebanyak 300 ribu wisatawan, wisatawan diprediksi akan bertambah pesat seusai lebaran mulai Sabtu (16/6/2018)-Minggu (24/6/2018), pantai akan tetap menjadi tujuan utama wisatawan," katanya.(*)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help