Home »

Jawa

Jawa

Pemkab Magelang Luncurkan Program Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP)

Program Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP) ini dilaksanakan dalam meningkatkan kepatuhan dan penerimaan pajak.

Pemkab Magelang Luncurkan Program Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP)
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri
Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah lI Rida Handanu, bersama Pjs Bupati Magelang, Tavip Supriyanto, meluncurkan program KSWP di Ruang Bina Praja, Pemkab Magelang, Selasa (5/6/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Kantor Pelayanan Pajak Pratama Magelang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Magelang meluncurkan program Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP), Selasa (5/6/2018).

Program KSWP ini diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan dan penerimaan pajak.

Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah lI, Rida Handanu mengatakan, program Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP) ini dilaksanakan dalam meningkatkan kepatuhan dan penerimaan pajak.

Melalui program ini, proses perizinan tertentu yang dilakukan di Pemerintah Kabupaten Magelang dalam hal ini Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Magelang harus melalui proses konfirmasi untuk menguji validitas NPWP dan kewajiban perpajakan dua tahun terakhir.

"Hal ini dimaksudkan agar pemohon layanan publik untuk taat atau patuh terhadap kewajiban perpajakan. Setiap orang yang mengurus perijinan melalui Pemkab Magelang diwajibkan memiliki NPWP. Kalau sudah memiliki NPWP, harus tuntas laporan SPT selama 2 tahun terakhir," ujar Rida, Selasa (5/6/2018) saat peluncuran Program KSWP di Ruang Rapat Bina Praja, Komplek Pemerintahan Kabupaten Magelang.

Rida mengatakan, Program yang telah dicanangkan berbagai daerah di seluruh Indonesia ini, merupakan tindak lanjut atas dan Permendagri Nomor 112 Tahun 2016 tentang Konfirmasi Status Wajib Pajak dalam Pemberian Layanan Publik Tertentu di lingkungan Pemerintah Daerah.

"Selain itu Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2015 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Tahun 2015, program KSWP ini juga mendukung upaya pemerintah untuk menanggulangi korupsi," ujarnya.

Melalui program ini, Rida Handanu berharap program KSWP berjalan lancar dan mampu berkontribusi meningkatkan kepatuhan dan penerimaan pajak baik pajak pusat maupun pajak daerah Kabupaten Magelang.

"Negara ini tidak hamya dibangun dari SDA, tetapi juga diperoleh hasil yang diperoleh masyarakat sendiri. Sepetri halnya pengusaha menikmati keuntungan dari jual beli masyarakat, sebagaian keuntungan disisihkan ke negara, karena mereka menikmati fasilitas negara. Kami harapkan seluruh masyarakat dapat taat pajak ke depan," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: rfk
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help