Ujian Nasional 2018

Nilai Rata-rata USBN SD Kota Yogyakarta Jadi yang Tertinggi di DIY

jumlah nilai rata-rata USBN ini turun dibandingkan tahun lalu yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 217.71.

Nilai Rata-rata USBN SD Kota Yogyakarta Jadi yang Tertinggi di DIY
Tribun Jogja/ Noristera Pawestri
Kabid Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Rohmat 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kabid Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Rohmat, menyampaikan nilai rata-rata Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Kota Yogyakarta menempati peringkat pertama di DIY.

"Kota Yogyakarta peringkat satu di DIY. Nilai rata-rata USBN Kota Yogyakarta 212,76. Untuk siswa yang memperoleh nilai tertinggi itu dari SDN Ungaran nilainya 296,5," paparnya ketika menghadiri wisuda purna siswa SDN Ungaran pada Selasa (5/6/2018).

Ia menambahkan, jumlah nilai rata-rata USBN ini turun dibandingkan tahun lalu yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 217,71.

Menurutnya, penurunan nilai ini rata-rata ini karena adanya soal High Order Thinking Skill (HOTS) untuk Mata Pelajaran Matematika.

"Dari sisi materi pemerintah menghendaki ada soal HOTS matematika, mungkin ini hal yang baru," kata dia.

Pihaknya juga menyadari soal HOTS Matematika dirasa masih sulit untuk para siswa.

Oleh karena itu, ke depan pihaknya akan melatih guru khusunya Mata Pelajaran Matematika untuk latihan mengajar termasuk menulis soal HOTS.

"Untuk itu kita siapkan siswa dan juga guru-guru ke depan akan kita ajarkan HOTS. Akan kita fokuskan bagaimana soal HOTS," jelas Rohmat.

Meski Kota Yogyakarta menempati peringkat satu nilai rata-rata USBN, pihaknya juga akan menguatkan ke sekolah-sekolah terutama untuk Mata Pelajaran Matematika dan IPA.

"Rencana kita untuk menguatkan kembali, kita punya harapan nilai-nilai lebih dari itu. Rata-rata kita tertinggi di DIY tapi kita punya target lebih dari itu. Kalau Mata Pelajaran Bahasa Indonesia sudah cukup bagus, ini kita pertahankan," imbuhnya. (*)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved