Kulonprogo

Perda KTR Kulonprogo Diganjar Penghargaan dari Menkes

Kebijakan Pemerintah Kabupaten Kulonprogo yang melarang segala bentuk iklan rokok luar ruang diganjar penghargaan dari Menteri Kesehatan.

Perda KTR Kulonprogo Diganjar Penghargaan dari Menkes
ist
Logo Pemkab Kulonprogo 

TRIBUNJOGJA.COM - Kebijakan Pemerintah Kabupaten Kulonprogo yang melarang segala bentuk iklan rokok luar ruang (outdoor) diganjar penghargaan dari Menteri Kesehatan.

Piagam Penghargaan Pastika Awya Pariwara itu diserahkan langsung oleh Menkes Nila F Moeloek kepada Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo pada peringatan Hari Tanpa Tembakau di Jakarta, akhir Mei 2018 lalu.

Hasto mengaku bersyukur dengan penghargaan nasional yang didapat dari adanya peraturan daerah tentang kawasan tanpa rokok di Kulonprogo.

Baca: Heroik! Dijambret Dompetnya, Wanita ini Kejar dan Tabrak Motor Penjambret

Ini lantaran Kulonprogo mampu mengatur masalah iklan dan sponsor rokok sehingga tidak muncul di pinggir-pinggir jalan besar maupun area publik lainnya.

Ini dinilainya sangat penting supaya tidak memprovokasi anak muda untuk merokok.

Pasalnya, secara nasional, lebih dari 60 persen anak muda perokok itu sudah mulai merokok ketika usianya kurang dari 19 tahun dan kini semakin muda.

Semakin banyak anak kelas 6 SD maupun 1 SMP yang sudah mulai merokok.

Baca: Disdik Sleman akan Tingkatkan Sarana dan Prasarana UNBK

"Ini menunjukkan banyak anak yang merokok pada usia produktif namun belum mendapat penghasilan sehingga membebani ekonomi keluarha. Belum punya penghasilan tapi sudah mengeluarkan minimal Rp200.000-300.000 sebulan," kata Hasto, Senin (4/6/2018).

Maka itu, pihaknya melarang aktivitas terkait rokok di sekolah dan menghindari bentuk provokasi dari iklan maupun sponsor rokok.

Jika dibiarkan, pihaknya khawatir kegiatan olahraga sekolah bisa disponsori oleh perusahaan rokok dan bisa menimbulkan provokasi di kalangan siswa.

Halaman
12
Penulis: ing
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help