Teppanyaki

Masak Nasi Kebuli, Chef Mulyo Pamerkan Tehnik Teppanyaki

Masak Nasi Kebuli, Chef Mulyo Pamerkan Tehnik Teppanyaki dalam acara Cooking on The Road Nasi Kebuli di Tugu Yogyakarta

Masak Nasi Kebuli, Chef Mulyo Pamerkan Tehnik Teppanyaki
Tribun Jogja/ Christi mahatma Wardhani
Chef Mulyo memasak nasi kebuli dengan teknik Teppanyaki dalam acara Cooking On the Road yang dilaksanakan ICA BPD DIY, Minggu (3/6/2018) 

TRIBUNJOGJA.COM - Suara nyaring terdengar dari benturan spatula dan wajan. Berbeda dari wajan pada umumnya yang cekung, wajan ini lurus. Spatula yang digunakan pun berbeda dari yang biasanya. Itulah peralatan yang digunakan untuk memasak dengan metode teppanyaki.

Chef Mulyo mengatakan teppanyaki merupakan teknik show cooking. Tidak hanya memasak, teppanyaki juga memberikan pertunjukan.

"Teppanyaki adalah metode dari Jepang, sebenarnya itu istilah masakan. Ciri khasnya ya dengan wajan flat, masak dengan atraksi di depan tamu," katanya disela Teppanyaki Show dalam acara Cooking on The Road Nasi Kebuli di Tugu Yogyakarta (3/6/2018).

Chef 46 tahun tersebut mengatakan pertunjukan bisa berupa api atau melempar spatula. Tidak mudah untuk bisa menerapkan teknik Teppanyaki.

Chef Mulyo melanjutkan, butuh paling tidak satu bulan intens untuk mempelajarinya.

"Jadi pas masak itu misal ada api-apinya. Ada atraksi seperti melempar spatula gitu, ya banyaklah untuk menghibur pelanggan. Saya juga pernah spatulanya jatuh. Kalau sudah punya dasar memasak, 1 bulan bisalah. Tapi ya harus latihan terus," terang chef asal Solo tersebut.

"Apapun bisa dimasak dengan metode ini,, tetapi kalau kuah nggak bisa. Kalau Teppanyaki yang paling sulit dan paling menantang itu ya jugling. Kan ya mesti pas juga nangkapnya, tetapi ya nanti tergantung jam terbanglah," tambahnya. (tribunjogja)

Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved