Kulonprogo

Pancasila Selamatkan Bangsa

Sutedjo menyebut, perbedaan yang ada di antara masyarakat tidak akan menjadi persoalan sepanjang Pancasila merasuki jiwa rakyat.

Pancasila Selamatkan Bangsa
IST
Wakil Bupati Kulonprogo Sutedjo menjadi inspektur upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman Pemkab Kulonprogo, Jumat (1/6/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO - Wakil Bupati Kulonprogo Sutedjo menjadi inspektur upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman Pemkab Kulonprogo, Jumat (1/6/2018).

Ia mengajak seluruh warga untuk menghayati dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Sutedjo menyebut, perbedaan yang ada di antara masyarakat tidak akan menjadi persoalan sepanjang Pancasila merasuki jiwa rakyat.

Maka itu, nilai-nilai Pancasila perlu dihayati dan diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sehari-harinya.

Sutedjo yang juga membacakan sambutan Presiden Joko Widodo dalam momen itu menilai sambutan tersebut luar biasa dan mengingatkan seluruh elemen bangsa tentang peran Pancasila sebagai penyelamat dari sisi filosofi sebagai sebuah bangsa.

Baca: Aliansi Masyarakat Yogyakarta Gelar Aksi Peringatan Hari Jadi Pancasila

“Pancasila itu telah selamatkan dari sisi filosofi kita  sebagai sebuah bangsa. Menyelamatkan kemajemukan kita dalam persatuan dan kesatuan. Jadi, sepanjang kita meyakini bahwa Pancasila mempersatukan kita, Insyaalloh Indonesia akan tetap bersatu, negara kesatuan ini tetap terjaga,” kata Sutedjo.

Upacara berlangsung khidmat dan diikuti oleh forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda), kepala organisasi perangkat daerah (OPD), anggota TNI, Polri, organisasi kemasyarakatan, mahasiswa, dan pelajar.

Adapun pada sambutannya atas Peringatan Hari Lahir Pancasila, Presiden menyebut Pancasila sudah menjadi bintang pemandu bangsa Indonesia. 

Selama 73 tahun, Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya.

Selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.

Presiden berpesan agar masyarakat meneguhkan semangat bersatu, berbagi dan berprestasi.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: ing
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help