Sleman

Pemkab Sleman Launching Aplikasi Integrasi E-Planning dan E-Budgeting

Dengan adanya integrasi ini maka tidak akan ada lagi double entry dan lebih memudahkan operator dalam menginput data.

Pemkab Sleman Launching Aplikasi Integrasi E-Planning dan E-Budgeting
Pemkab Sleman

Laporan Calon Reporter Tribun Jogja, Siti Umaiyah

TRIBUNJOGJA.COM - Berangkat dari kebutuhan Kabupaten Sleman dalam proses perencanaan dan penganggaran, Pemerintah Kabupaten Sleman mulai menerapkan pengintegrasian e-planning dan e-budgeting.

Bertempat di Smart Room Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sleman, launching Integrasi e-planning dan e-budgeting dilakukan pada Kamis (31/5/2018).

Intriati Yudatiningsih selaku Kepala Dinas Kominfo menerangkan, sesuai dengan visi Kabupaten Sleman, yakni Smart Regency, integrasi tersebut dirasa sangat perlu diterapkan.

Dia menjelaskan, sebelumnya, proses perencanaan dan penganggaran di Sleman sendiri sudah dimulai dengan penerapan aplikasi Sistem Informasi Managemen Perencanaan Daerah (Simrenda) dan Sistem Keuangan (Siskeu).

Namun, aplikasi tersebut masih perlu dikembangkan agar proses perencanaan dan pengganggaran bisa lebih efektif.

Intriati menjelaskan, dengan adanya integrasi ini maka tidak akan ada lagi double entry dan lebih memudahkan operator dalam menginput data.

"Dengan adanya integrasi ini, kita bisa menggunakan single login dan single entry. Data yang sudah ada di Simrenda tidak perlu lagi di input ulang di Siskeu. Seperti kode Instansi, kode program, kode anggaran, lokasi dan yang lainnya. Ini mempermudah operator dalam menginput data," jelasnya.

Di Sleman sendiri, sudah ada 70 sistem aplikasi.

Namun, ada beberapa hal terutama sistem perencanaan yang harus terus didorong perkembangannya.

Halaman
12
Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help