Kulonprogo

KAI Waspadai 364 Perlintasan Tanpa Palang Pintu

Masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaan saat melintas mengingat frekuensi perjalanan kereta api pada musim Lebaran cenderung meningkat.

KAI Waspadai 364 Perlintasan Tanpa Palang Pintu
TRIBUNJOGJA.COM / Hasan Sakri
Danrem 072/Pamungkas Yogyakarta, Brigjen TNI Muhammad Zamroni dan Kapolda DI Yogyakarta Brigjen Pol, Ahmad Dofiri beserta sejumlah pejabat menaiki kereta diesel untuk melakukan pemantauan jalur kereta api dari Yogyakarta menuju Wates saat akan berangkat di stasiun Tugu, kota Yogyakarta, kamis (31/5/2018). Pemantauan tersbeut untuk memastikan kesipan jalur kereta api dalam menghadapi angkutan LEbaran 2018. 

TRIBUNJOGJA.COM - Perlintasan tanpa palang pintu dan penjagaan masih menjadi momok yag diwaspadai di jalur kereta api (KA) selama musim mudik dan balik Lebaran 2018 ini.

Masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaan saat melintas mengingat frekuensi perjalanan kereta api pada musim Lebaran cenderung meningkat.

Di wilayah PT KAI Daop VI Yogyakarta setidaknya terdapat 364 perlintasan tanpa palang pintu dan bebrapa di antaranya merupakan perlintasan tidak resmi.

Dari jumlah itu, sekitar 29 perlintasan sudah dilakukan penutupan sejak beberapa waktu terakhir untuk menjamin keselamatan masyarakat.

Kepala PT KAI Daop VI Yogyakarta, Eko Purwanto mengatakan pihaknya telah siap menyambut arus mudik dan balik 2018.

Kondisi sarana prasarana serta fasilitas pendukung lainnya semua dalam kondisi baik berdasarkan pengecekan yang dilakukan.

Selama musim mudik Lebaran ini pihaknya memfokuskan perhatian pada perlintasan KA tanpa palang pintu dan penjagaan.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan Kapolda DIY dan Danrem 072/Pamungkas hingga bersepakat untuk meningkatkan imbauan kepada masyarakat untuk lebih menjaga keselamatan saat melintas dan mendahulukan perjalanan KA.

"Karakteristik KA berbeda dari kendaraan umum di jalan raya dan harus didahulukan. Masyarakat diimbau agar tidak terburu-buru saat hendak melalui perlintasan KA," jelas Eko di sela pengecekan jalur KA Daop VI Yogyakarta di Stasiun Wates, Kamis (31/5/2018).

Selain itu, ada 17 titik perlintasan yang dinilai paling ramai kendaraan melintas sehingga nantinya ada 34 orang petugas tambahan yang bakal diterjunkan untuk melakukan pengaturan.

Halaman
12
Penulis: ing
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help