Kota Yogyakarta

Polresta Yogyakarta Siap Bantu Dishub Tertibkan Parkir Liar dan Ilegal di Kota Yogya

Polisi juga meminta masyarakat agar proaktif melaporkan jika merasa dirugikan atau mengetahui adanya praktik parkir liar

Polresta Yogyakarta Siap Bantu Dishub Tertibkan Parkir Liar dan Ilegal di Kota Yogya
tribunjogja/rendikaferrik
Sirip-sirip parkir Malioboro ditertibkan dari parkir liar, tepatnya di depan Hotel Mutiara,Dagen, Malioboro, Selasa (5/4). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Polresta Yogyakarta siap membackup Dinas Perhubungan (Dishub) Yogyakarta terkait penindakan juru parkir (Jukir) yang menetapkan tarif tidak sesuai ketentuan.

Polisi juga meminta masyarakat agar proaktif melaporkan jika merasa dirugikan atau mengetahui adanya praktik kantong parkir liar.

Kasat Reskrim Polresta Yogyakarta, Kompol Sutikno, mengatakan bahwa masalah penertiban tempat parkir merupakan ranah dari Dishub dan Satlantas.

Meski demikian, pihaknya siap jika diperlukan untuk melakukan penindakan jika dirasa perlu.

"Reskrim itu bersifat penegakan hukum, jadi jika ada jukir yang menerapkan tarif parkir tidak sesuai ketentuan akan ditindak. Intinya kami hanya mambackup saja," katanya, Minggu (27/5/2018).

Sementara itu, Kasat Lantas Polresta Yogyakarta, Kompol Dwi Prasetyo, menuturkan apabila adanya jukir liar tentu bersamaan dengan munculnya kantong-kantong parkir liar. Karenanya, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dishub dan pihak terkait untuk mencegah adanya jukir liar baik menjelang lebaran maupun saat long weekend.

"Kemarin saat rapat kami sudah minta Dishub Provinsi untuk menyiapkan kantong parkirnya menjelang lebaran. Kantong parkir juga diminta yang terdekat dengan Kota Yogya," ujarnya.

Sambungnya, guna menanggulangi hal tersebut pihaknya juga akan melakukan pemasangan rambu-rambu terkait larangan parkir dan berhenti di beberapa titik yang berada di Kota Yogyakarta.

Menurutnya, hal itu akan diawali dari Jalan Pasar Kembang karena kantong parkir di jalan tersebut telah dicabut oleh Dishub Kota Yogyakarta.

"Menjelang lebaran nanti akan ada pemasangan rambu larangan berhenti, parkir dan garis berbiku-biku di Jalan Pasar Kembang, akan kita sosialisasikan juga terlebih dahulu," ucapnya. (*)

Penulis: rid
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved