Kulonprogo

Help Desk Bandara NYIA Kulonprogo Bakal Susun Katalog Ketenagakerjaan

Katalog akan dibuat setelah serangkaian pelatihan kerja yang bakal digelar bagi warga terdampak pembangunan.

Help Desk Bandara NYIA Kulonprogo Bakal Susun Katalog Ketenagakerjaan
NET
Ilustrasi desain Bandara NYIA 

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO - Help Desk Pembangunan NYIA (New Yogyakarta International Airport) akan menyusun katalog ketenagakerjaan untuk mendukung penyerapan tenaga kerja lokal dalam proyek pembangunan bandara di Temon.

Katalog akan dibuat setelah serangkaian pelatihan kerja yang bakal digelar bagi warga terdampak pembangunan.

Koordinator Penanggunjawab Help Desk NYIA, Ubaidillah Zamharir mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kulonprogo untuk kegiatan pelatihan yang didanai anggaran pemberdayaan warga dalam corporate social responsibility (CSR).

Hal ini sebagai jalan penyiapan dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dari warga terdampak pembangunan bandara.

Dari pelatihan itu nantinya diharapkan bisa terserap ke dalam tahap-tahap pekerjaan di proyek bandara.

Misalnya, dalam land clearing hingga operasional yang diprediksi membutuhkan tenaga kerja cukup banyak.

Hasil pelatihan nantinya juga akan dibuat katalog ketenagakerjaan untuk disodorkan kepada kontraktor dan subkontraktor pekerjaan yang membutuhkan tenaga kerja.

"Kami akan dorong agar warga lokal yang berkompeten ini bisa masuk di dalamnya. Kontraktor tidak perlu jauh-jauh cari tenaga kerja dan cukup memprioritaskan warga lokal sini," kata Ubaidillah, Minggu (27/5/2018).

Dipaparkan, ada empat pelatihan yang akan diselenggarakan, diantaranya pertukangan, instalasi listrik, pemasangan dan perawatan pendingin serta pengelasan.

Pelatihan yang diberikan merupakan pelatihan untuk pekerjaan yang dibutuhkan di tahap awal dan ada sekitar 300 orang yang berminat.

Sekitar 160 diantaranya juga memilih pelatihan bahasa Inggris yang menandakan warga memiliki pemikiran maju.

Apalagi, pihaknya sudah menerima penawaran terbuka dari asosiasu hotel untuk penyerapan tenaga kerja jika performa yang ditunjukkan cukup baik.

Pihaknya juga menyarankan warga untuk cari pengalaman sebanyak mungkin mengingat yang dibutuhkan tenaga kerja selain pendidikan dan sertifikat adalah pengalaman. Tiga hal itu yang menentukan daya saing. (*)

Penulis: ing
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved