Kisah Ciuman Berusia 2800 Tahun

Kerangka dua orang ini ditemukan pada tahun 1972 di Situs Arkeologis Teppe Hasanlu

Kisah Ciuman Berusia 2800 Tahun
IST
Kerangka yang ditemukan di Situs Arkeologis Teppe Hasanlu, yang berada di Lembah Solduz, bagian barat Provinsi Azerbaijan, Iran. 

TRIBUNJOGJA.COM - Kerangka dua orang ini ditemukan pada tahun 1972 di Situs Arkeologis Teppe Hasanlu, yang berada di Lembah Solduz, bagian barat Provinsi Azerbaijan, Iran.

Situs ini dulunya terbakar setelah terjadinya serangan militer. Orang-orang dari kedua belah pihak yang terlibat konflik tewas dalam kebakaran tersebut.

Diduga kuat kebakaran ini terjadi begitu cepat hingga melumat bangunan di kota tersebut dalam waktu singkat.

Adapun kerangka ini ditemukan di ruang kecil tempat sampah. Kuat dugaan saat itu keduanya tengah bersembunyi dari serangan musuh.

Mereka dipastikan sesak nafas atau kehabisan nafas dalam waktu singkat.

Seperti terlihat dari posisi kedua kerangka itu, keduanya terlihat saling berpelukan. Belakangan setelah fotonya tersebar, foto itu diberi judul The 2800 Years Old Kiss atau Ciuman Berusia 2800 Tahun.

Ada yang menyebut bahwa kedua kerangka ini merupakan dua orang laki-laki. Tapi hasil penelitian yang dipublikasikan oleh Cambridge University Press dari Institut Kebudayaan dan Sosial Iran Kuno yang disusun oleh Muhammad A Dandamaev, Vladimir G Lukonin dan Philip L Kohl menyebutkan bahwa kerangka ini terdiri atas perempuan dan laki-laki. Dengan posisi perempuan berada di sebelah kiri.

Kerangka yang ditemukan di Situs Arkeologis Teppe Hasanlu, yang berada di Lembah Solduz, bagian barat Provinsi Azerbaijan, Iran.
Kerangka yang ditemukan di Situs Arkeologis Teppe Hasanlu, yang berada di Lembah Solduz, bagian barat Provinsi Azerbaijan, Iran. (IST)

Majalah arkeologi juga mengidentifikasi mereka sebagai pria dan wanita dengan tambahan informasi tinggi badan mereka (masing-masing sekitar 5 kaki 2 inci).

Beberapa sumber mengklaim bahwa kerangka berada dalam posisi saling mencium, dikuburkan 6.000 tahun yang lalu, tapi klaim ini kemudian dibantah, terutama soal umur tengkorak.

Baca juga:

Halaman
12
Editor: mon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help