Ramadan 1439 H

Setiap Hari, Lebih dari 300 Pedagang Meriahkan Kampung Ramadan Jogokariyan 2018

KRJ 2018 merupakan sebuah agenda rutin tahunan pengelola Masjid Jogokariyan untuk meramaikan bulan Ramadan

Setiap Hari, Lebih dari 300 Pedagang Meriahkan Kampung Ramadan Jogokariyan 2018
Tribun Jogja/ Wahyu Setiawan
Suasana kampung Ramadan Jogokariyan, Kamis (17/5/2018) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wahyu Setiawan Nugroho

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kampung Ramadan Jogokariyan (KRJ) 2018 resmi dibuka, Kamis (17/5/2018).

Setiap tahun event ini selalu sukses menyuguhkan berbagai pedagang yang menjajakan kuliner, mulai dari kuliner modern hingga tradisional maupun kombinasi keduanya.

Tak ayal, kampung di selatan Prawirotaman ini selalu ramai dikunjungi setiap bulan puasa tiba.

KRJ 2018 merupakan sebuah agenda rutin tahunan pengelola Masjid Jogokariyan untuk meramaikan dan meningkatkan aktifitas masyarakat di sekitar Masjid selain kegiatan ceramah serta kajian islam.

"Untuk tahun ini ada sekitar 300 an pedagang yang datang tidak hanya dari warga sekitar namun juga dari kota-kota lain," terang Ahmeda Aulia Nurseta, Ketua Panitia KRJ 2018 saat ditanya Tribunjogja.com.

Selain banyak suguhan jajanan yang siap disantap sebagai takjil ada menu berbuka puasa, di sekitar Jogokariyan pun juga tersaji nuansa kampung islam yang sangat lekat dengan akulturasi budaya.

Mulai dari logo masjid yang tak hanya menggunakan tulisan arab namun ada nuansa tulisan aksara Jawa yang membuat kampung ini bisa dibilang sebagai kampung islam muktikultural.

Selain itu, harapannya kedepan kegiatan semacam ini mampu menjadi semangat masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa dan mampu menjadi alternatif lokasi ngabuburit atau tempat menghabiskan waktu menjelang berbuka.

"Tentu kita ingin kegiatan semacam ini dapat terus terselenggara dan dapat memotivasi masjid-masjid lain untuk mampu menghidupkan aktifitas masjid dengan berbagai kegiatan," tambahnya. (*)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help