Internasional

Miliki Antibodi Kuat dalam Darahnya, Pria 81 Tahun Ini Mampu Selamatkan 2,4 Juta Nyawa Bayi

Berkat darahnya, Harrison dapat membantu bayi-bayi yang belom lahir dengan kondisi tertentu.

Miliki Antibodi Kuat dalam Darahnya, Pria 81 Tahun Ini Mampu Selamatkan 2,4 Juta Nyawa Bayi
amp.smh.com.au

TRIBUNJOGJA.COM - Untuk setiap donor darah rutin yang dilakukan, minimal tiga nyawa akan terselamatkan.

Namun hal itu tak berlaku bagi James Harrison. Darahnya telah membantu menyelamatkan nyawa 2,4 juta bayi.

Plasma pria berusia 81 tahun itu mengandung antibodi kuat yang digunakan untuk membuat pengobatan yang luar biasa dikenal sebagai Anti-D yang melindungi bayi yang belum lahir dari Rhesus D Haemolytic Disease (HDN) yang berpotensi mematikan.

Dilansir dari The Sidney Morning Herald setelah lebih dari 60 tahun mendonasikan 1173 darahnya, Harrison menjalani donor darah terakhir pada Jumat (11/5/2018).

“Ini hari yang menyedihkan bagi saya. Akhir dari jangka panjang, ”kata Harrison ketika darahnya mengalir dari lekuk lengan kanannya ke mesin plasmapheresis di Town Hall Donor Center.

Berkat darahnya, Harrison dapat membantu bayi-bayi yang belom lahir dengan kondisi tertentu.

Ketika seorang wanita hamil dengan golongan darah Rh negatif membawa bayi dengan darah Rh positif, tubuhnya mendaftarkan sel darah merah bayi sebagai ancaman asing (virus yang menyerang bakteri) dan menghasilkan antibodi untuk menghancurkan penyerang.

Efeknya bisa sangat merusak. Penyakit ini menyebabkan beberapa keguguran, kelahiran masih, dan kerusakan otak atau anemia fatal pada bayi baru lahir.

HDN membunuh ribuan bayi Australia setiap tahun sebelum para ilmuwan melakukan terobosan penemuan Anti-D pada tahun 1960-an.

Terobosan ini datang ketika para ilmuwan Australia menyadari bahwa mereka dapat menghentikan HDN dengan menyuntikkan Rh-ibu dengan tingkat rendah imunoglobulin RhD yang didonorkan.

Halaman
123
Penulis: Hanin Fitria
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help