Ramadan 1439 H

KOMPLET! Tuntunan Lengkap Salat Tarawih dan Witir, Bacaan Niat Tarawih Sendirian dan Berjamaah

Bagi Anda yang berniat mengerjakan ibadah salat tarawih, berikut ini kami tampilkan bacaan niat salat tarawih 2 rakaat yang benar

KOMPLET! Tuntunan Lengkap Salat Tarawih dan Witir, Bacaan Niat Tarawih Sendirian dan Berjamaah
TRIBUNJOGJA.COM / Hasan Sakri Gozali
Umat muslim melaksanakan salat tarawih di Masjid Gede Kauman, Kota Yogyakarta, Rabu (16/5/2018). Umat muslim mulai melaksanakan solat tarawih yang menandai telah memasuki bulan puasa Ramadan dan akan mulai berpuasa pada Kamis (17/5). 

TRIBUNJOGJA.COM - Bulan Ramadhan 2018 sudah memasuki hari kedua. Salah satu amalan selama Ramadhan adalah shalat tarawih atau salat tarawih.

Salat tarawih adalah ibadah salat sunnah yang dilakukan setelah menjalankan salat Isya pada bulan Ramadan. Ibadah ini bisa dilakukan sendirian atau berjemaah.

Bagi Anda yang berniat mengerjakan ibadah salat tarawih, berikut ini kami tampilkan bacaan niat salat tarawih 2 rakaat yang benar.

Niat salat tarawih sendiri

Untuk Anda yang berniat menjalankan salat tarawih sendiri di rumah, silakan membaca niat salat tarawih di bawah ini.

"USHOLLII SUNNATAT-TAROOWIIHI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI LILLAAHI TA'ALAA."

Artinya :
Saya niat salat sunnah tarawih dua raka'at menghadap kiblat karena Allah Ta'ala.

Bacalah niat salat tarawih di atas dalam hati bersamaan dengan takbir pertama yang menandai dimulainya ibadah salat.

Niat salat tarawih 4 rakaat

Beberapa orang menjalankan salat tarawih sebanyak 4 rakaat dengan 1 kali salam. Dalil untuk jumlah rakaat ini berasal dari perkataan Aisyah radhiyallahu 'anha.

"Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam melaksanakan salat 4 rakaat, maka janganlah tanyakan mengenai bagus dan panjang rakaatnya. Kemudian beliau melaksanakan salat 4 rakaat lagi, maka janganlah tanyakan mengenai bagus dan panjang rakaatnya."

Pernyataan ini memiliki kemungkinan 4 rakaat dilakukan sekaligus dengan 1 salam atau bisa juga 4 rakaat yang dilaksanakan dengan 2 rakaat sebanyak 2 kali.

Menurut Imam Syafii, penafsiran pertama termasuk zhahir (umum), tetapi Rasulullah SAW sudah memberikan pernyataan langsung mengenai salat malam.

Halaman
1234
Editor: dik
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help