Ngaji Sehat on Facebook

Begini Tips Mengajarkan Anak Berpuasa Sejak Dini

Mengajarkan anak pada usia balita berpuasa sebenarnya tidak sulit, hanya saja membutuhkan kesabaran dan trik-trik khusus.

Begini Tips Mengajarkan Anak Berpuasa Sejak Dini
Tribun Jogja/ Noristera Pawestri
Psikolog RS JIH, Hapsari Fakih S Psi M Psi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Bagi orangtua yang memiliki anak, terutama yang masih berusia balita, tentunya ingin mengajarkan anak untuk turut berpuasa.

Mengajarkan anak pada usia balita berpuasa sebenarnya tidak sulit, hanya saja membutuhkan kesabaran dan trik-trik khusus.

Selain itu, sebagai orangtua, kita pun harus lebih kreatif untuk menyiasati saat mengalami kondisi anak rewel dalam tahap belajar berpuasa.

Psikolog RS "JIH" Hapsari Fakih S Psi M Psi memberikan beberapa tips untuk mengajarkan anak, khususnya pada usia balita agar memiliki keinginan berpuasa tanpa adanya paksaan.

Hapsari menuturkan, dari segi psikologi, anak usia empat tahun sudah bisa diajarkan ritual-ritual keagamaan.

"Jadi diajarkan untuk salat berjamaah, dikenalkan Ramadan, sewaktu sahur anak dibangunkan, walaupun mereka tidak puasa. Jadi usia empat sampai lima tahun sudah bisa mulai diperkenalkan, tapi ya kalau tidak bisa bangun ya jangan dipaksa," kata Hapsari kepada Tribunjogja.com pada Kamis (17/5/2018).

Ditambahkannya, anak pada usia 4 tahun belum diajarkan untuk berpuasa, tetapi anak diperkenalkan selama satu bulan puasa.

"Diajak bangun sahur walaupun mereka tidak makan atau hanya nyemil. Sewaktu buka puasa anak diajak untuk buka bersama. Jadi nanti lama-lama ada ketertarikan bagi mereka untuk ikut puasa," lanjutnya

Lebih lanjut, Hapsari menuturkan, anak usia empat sampai lima tahun boleh ikut puasa namun semampunya saja, jangan dipaksakan, semisal puasa seperempat hari, jadi nanti pukul 09.00 WIB anak berbuka.

"Untuk anak-anak sebetulnya umur tujuh tahun sesuai ajaran nabi, tapi sebelum tujuh tahun itu sudah bisa puasa penuh, kalau usia empat tahun sudah mulai diperkenalkan, Insya Allah mereka usia tujuh tahun sudah siap," kata dia.

Namun jika anak usia tujuh tahun belum siap untuk berpuasa, menurutnya tidak masalah, bisa juga anak melaksanakan puasa setengah hari, minimal anak sudah mengenal puasa.

"Untuk anak SD, peran dari sekolah sangat kuat, mislanya sekolah yang homogen seperti SDIT, Muhammadiyah itu lewat sekolahnya juga sudah diperkenalkan tentang puasa," imbuhnya. (*)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help