Rusia Punya Pasukan Khusus Antiteror yang Sangat Brutal Tak Kenal Kompromi pada Teroris

Fokus kemampuannya adalah untuk operasi terpilih, kontra-teroris, pembebasan sandera, dan misi pembunuhan.

Rusia Punya Pasukan Khusus Antiteror yang Sangat Brutal  Tak Kenal Kompromi pada Teroris
ist
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Rusia yang telah dikenal memiliki pasukan khusus legendaris, Spetsnaz, ternyata punya pasukan khusus lainnya yang tak kalah brutal.

Pasukan khusus yang kerap diandalkan untuk penanganan teroris itu bernama Spetsgruppa A atau yang biasa dikenal pula sebagai Directorate A atau Alpha Grup.

Kesatuan elite di bawah Federal Security Service (FSB) Special Purpose Center ini dirancang sebagai sub-unit mandiri di bawah Kesatuan Khusus Rusia.

Fokus kemampuannya adalah untuk operasi terpilih, kontra-teroris, pembebasan sandera, dan misi pembunuhan.

Di antara sub-unit Spetsnaz lain, Alpha adalah ‘mesin pembunuh’ pertama yang dibentuk oleh  dinas intelijen KGB pada 1974.

Tugas utamanya adalah mencegah dan merespon segala macam tindak kekerasan yang diarahkan ke fasilitas transportasi dan gedung-gedung publik.

Maka tak mengherankan  ketika terjadi pembajakan terhadap pesawat Aeroflot flight 3822 di Batumi, Georgia (1983), merekalah yang lebih dulu dikerahkan.

Pembajakan yang dilakukan tujuh pemuda Georgia ini berakhir dengan delapan korban  tewas.

Juga ketika terjadi penyanderaan di Gedung Teater Moskow (2002) dan gedung sekolah di Beslan (2004), mereka jugalah yang dikerahkan untuk menyerbu.

Pasalnya  tak ada kata kompromi terhadap teroris dan rata-rata pelaku teror di Rusia beraliran radikal, hampir semua serangan yang mereka lakukan dilakukan sama brutalnya dengan yang biasa dilakukan para teroris.

Halaman
123
Editor: dik
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help