Kota Yogyakarta

Pengerjaan Drainase Dilakukan di Sebagian Kawasan Kota Yogyakarta

PUPKP Kota Yogyakarta tengah memperbaiki saluran drainase dan juga saluran air hujan di beberapa tempat.

Pengerjaan Drainase Dilakukan di Sebagian Kawasan Kota Yogyakarta
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Ruas Jalan Prawirotaman yang menyempit dikarenakan sebagian jalan sedang dilakukan perbaikan drainase. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Kawasan Permukiman (PUPKP) Kota Yogyakarta, Aki Lukman menjelaskan bahwa pihaknya tengah memperbaiki saluran drainase dan juga saluran air hujan di beberapa tempat.

Satu di antaranya ada di Jalan Gedongkuning.

Aki menuturkan bahwa sebelumnya debit air dari utara ke selatan sangat kecil dan banyak terdapat sumbatan sehingga air dari utara tidak bisa mengalir sehingga air hanya menumpuk di sebelah utara.

"Sekarang dibuat agak besar di selatan. Melintang jalan dan menggunakan kontruksi yang betul, bukan yang dulu. Lebar jalan 8-9 meter," bebernya, Rabu (16/5/2018).

Selain itu, lanjutnya, pekerjaan perbaikan drainase dan saluran air hujan lainnya yang sedang dalam pengerjaan adalah di Prawirotaman, Gemini, dan Tegalrejo.

Selain itu, talud yang berada di Kotabaru juga sedang dalam perbaikan.

"Tapi pengerjaan tersebut, selesai atau tidak selesai pada 7-8 Juni harus berhenti untuk tamu yang datang ke Yogya tidak terganggu," ungkapnya.

Disinggung mengenai satu titik di Jalan Babaran yang kembali ambles, Aki mengaku bahwa konstruksinya masih menggunakan bahan-bahan nonpermanen dikarenakan pembongkaran dan perbaikan secara besar telah dianggarkan untuk pengerjaan tahun depan untuk sepanjang Jalan Babaran.

"Ada beberapa faktor yang mempengaruhi (amblesnya jalan). Pertama karena jenis konstruksi, perhitungan muatan, gempa yang mengakibatkan kondisi di bawah Jalan Babaran menjadi rusak, dan sebagainya," tuturnya.(*)
 

Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help