Ramadan 1439 H

Masyarakat Melakukan Padusan Sebagai Simbol Membersihkan Diri Menyambut Bulan Suci

Ratusan masyarakat hari ini memadati beberapa pemandian umum di Yogyakarta untuk melakukan padusan yang rutin mereka lakukan

Masyarakat Melakukan Padusan Sebagai Simbol Membersihkan Diri Menyambut Bulan Suci
Tribun Jogja/ Rizki Halim
Sehari jelang bulan puasa, kolam renang FIK UNY dipadati warga untuk melakukan tradisi padusan, Rabu(16/5/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Ratusan masyarakat hari ini memadati beberapa pemandian umum di Yogyakarta untuk melakukan padusan yang rutin mereka lakukan menjelang masuknya bulan puasa.

Bukan tanpa alasan, padusan dianggap sebagai simbolis membersihkan diri dalam menyambut bulan Ramadan, sehingga mereka berharap dapat bersih ketika melakukan ibadah puasa.

Haris Amrullah, salah seorang yang melakukan prosesi padusan setiap tahunnya mengaku bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang rutin ia lakukan setiap tahunnya.

"Karena sudah biasa dilakukan setiap tahun setiap mau puasa, jadi ya sudah menjadi rutinitas seperti saat ini," jelas pria yang datang bersama istri dan dua anaknya tersebut, (16/5/2018).

Baca: Tips Berpuasa Bagi Penderita Maag

Senada dengan Haris, Aldy, masyarakat lainnya yang juga melakukan padusan percaya bahwa prosesi mandi tersebut menjadi simbol pembersihan diri meyambut bulan suci Ramadan yang jatuh esok hari.

"Maknanya kan biar lahir dan batin bersih memasuki bulan puasa dengan melakukan padusan," jelas Aldy.

Beberapa pemandian umum di Yogyakarta hari ini memang tampak dipenuhi oleh para pengunjung yang hendak melakukan padusan menyambut bulan Ramadan.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Rizki Halim
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved