Cerita Hantu Noni Belanda dan Kuntilanak yang Menghuni Nusakambangan

Selain ketatnya sistem pengamanan, banyak kisah menarik bertebaran di seputar Lapas Kelas I Batu, Nusakambangan

Cerita Hantu Noni Belanda dan Kuntilanak yang Menghuni Nusakambangan
IST / Intisari
Salah satu sudut di Pulau Nusakambangan 

TRIBUNJOGJA.com, NUSAKAMBANGAN -Selain ketatnya sistem pengamanan, banyak kisah menarik bertebaran di seputar Lapas Kelas I Batu, Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah. Satu di antaranya adalah kisah mistis yang sering dialami para petugas jaga.

Seorang petugas di Lapas Batu, Taufik mengatakan, terdapat empat menara pos jaga di setiap sudut komplek itu. Menurut dia, setiap pos jaga mempunyai kisah mistis tersendiri.

"Di pos satu, tak jarang petugas melihat penampakan kuntilanak, sementara di pos dua ada berbagai macam.‎ Misalnya, alunan suara gamelan, lalu sesosok bertubuh tinggi besar," ucapnya, kepada Tribun Jateng, baru-baru ini.

Petugas lapas Nusakambangan bercanda di sebuah warung makan di sela aktivitasnya bekerja, baru-baru ini.
Petugas lapas Nusakambangan bercanda di sebuah warung makan di sela aktivitasnya bekerja, baru-baru ini. (TRIBUN JATENG)

Sedangkan di pos tiga, sambung Taufik, petugas acap kali merasakan ada getaran dahsyat, seperti sedang terjadi gempa bumi. Lalu, yang paling menarik adalah adanya noni Belanda yang cantik jelita di pos empat.

Baca juga:

Kisah 5 Napi yang Kabur dari Lapas Nusakambangan, Salah Satunya Napi Sakti Berilmu Kanuragan

Bukit Nirbaya, Lokasi Angker dan Sunyi Tempat Eksekusi Mati di Nusakambangan

Pulau Nusakambangan Masih Dijaga oleh Macan Tutul Jawa

"Petugas yang tertidur saat berjaga di pos empat, hampir bisa dipastikan mimpi bertemu dan berinteraksi dengan noni Belanda yang cantik jelita," ucap pria yang telah bertugas di Nusakambangan sejak tahun 2000 itu, sembari terkekeh.

Ia pun mengaku pernah mengalami mimpi bertemu dengan noni Belanda itu saat bertugas jaga di pos empat. Saat berjaga di pos tiga, ia pun pernah merasa tiba-tiba pos jaga bergetar hebat, laiknya diguncang gempa besar.

"Dulu, di pos satu pernah ada petugas yang sampai loncat, saking takutnya lihat penampakan kuntilanak. Yang mengalami bukan saya, itu terjadi sekitar 1995-an," cerita penggemar dan kolektor batu akik tersebut.

Narapidana di Nusa Kambangan, Cilacap, Jawa Tengah, 1900-1926
Narapidana di Nusa Kambangan, Cilacap, Jawa Tengah, 1900-1926 (Tropenmuseum / wikimedia common)

‎Dari yang dirasakannya selama ini, Taufik menuturkan, yang melihat penampakan atau diganggu makhluk dari dunia lain adalah petugas yang sedang lalai saat berjaga.

"Kalau kami jaganya bener, gak tidur atau gak lalai, ya gak dilihatin hal-hal begituan. Pengalaman saya, saat diganggu begitu saya sedang lalai saat tugas, semisal pas jaga malah keasyikan main hp, melamun, atau tak fokus dalam bertugas," terangnya.

Senada disampaikan petugas lain, Joko. Menurut dia, kejadian-kejadian tak lumrah sudah menjadi hal biasa bagi petugas yang ada di Nusakambangan.

Halaman
123
Editor: mon
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved