Home »

DIY

» Sleman

Pendidikan

Hasil Riset CfDS FISIPOL UGM: Isi UU MD3 Bukan Fokus Media Berita Online

Hal itu ditunjukkan dengan adanya 231 berita dengan sentimen negatif dari total 694 berita yang menjadi obyek riset.

Hasil Riset CfDS FISIPOL UGM: Isi UU MD3 Bukan Fokus Media Berita Online
Tribun Jogja/ Alexander Ermando
Lamia Putri Damayanti, Research Associate dari CfDS FISIPOL UGM saat menyampaikan hasil riset pada hari Senin (14/05/2018) 

Laporan Reporter Tribun Jogja Alexander Ermando

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Riset Culture for Digital Society (CfDS) FISIPOL UGM terhadap pemberitaan UU MD3 di media online menunjukkan hasil yang menarik.

Pemaparan hasil penelitian dilakukan di Gedung BC FISIPOL UGM, Bulaksumur Sleman hari Senin (14/05/2018).

"Sebagian besar media online yang kami teliti tidak membahas isi dari UU MD3, tetapi lebih pada konflik antar elit politik terkait UU tersebut," kata Lamia Putri Damayanti, Research Association dari CfDS.

Menariknya, media online yang memberitakan polemik UU MD3 justru lebih banyak memberikan sentimen negatif terhadap UU tersebut.

Hal itu ditunjukkan dengan adanya 231 berita dengan sentimen negatif dari total 694 berita yang menjadi obyek riset.

"Portal berita online lebih memberi banyak ruang untuk memberikan pendapat kontra terhadap UU MD3. Aktornya pun memiliki latar belakang yang sangat beragam," ujar Lamia.

Selain konflik antar elit politik, Lamia juga menyebut bahwa pemberitaan lebih banyak dilakukan terhadap berbagai aksi penolakan UU MD3 di berbagai daerah.

Riset CfDS FISIPOL UGM ini menyaring data berdasarkan 100 berita teratas dari hasil pencarian selama periode 1 Februari 2018 hingga 31 Maret 2018.

"Ada 6 portal berita online yang kita jadikan obyek penelitian berdasarkan hasil pencarian tersebut," jelas Executive Secretary CfDS Viyasa Rahyaputra.(*)

Penulis: Alexander Aprita
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help