Home »

DIY

DIY

Tim Seleksi Cari Lima Komisioner KPU DIY Berintegritas

Seluruh masyarakat yang berdomisili di DIY, dibuktikan dengan KTP, berhak untuk mendaftarkan diri sebagai komisioner.

Tim Seleksi Cari Lima Komisioner KPU DIY Berintegritas
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Para Anggota Tim Seleksi Komisioner KPU DIY saat memberikan keterangan pers, Jumat (11/5/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY bersiap untuk menggelar seleksi untuk mengisi lima kursi Komisioner KPU DIY periode 2018-2023.

Ketua Tim Seleksi, Asep Purnama Bahtiar menjelaskan bahwa ada lima tahapan yang harus dilalui para calon Komisiner KPU DIY.

"Pengumuman pembukaan pendaftaran calon anggota KPU DIY dimulai pada 16-24 Mei 2018. Pendaftaran dibuka setiap hari pada pukul 08.00-16.00," ujarnya saat memberikan keterangan pers di Kantor KPU DIY, Jumat (11/5/2018).

Asep menuturkan, untuk seleksi terbagi menjadi seleksi administrasi pada 17-30 Mei, seleksi tertulis pada 6 Juni, tes psikologi pada 7-11 Juni, tes kesehatan 19-25 Juni, dan terakhir tes wawancara pada 27 Juni hingga 3 Juli 2018.

"Kami mencari sosok komisioner yang mengerti tentang Pemilu, masalah ketatanegaraan, dinamika demokrasi, dan persoalan hukum," urainya.

Ia menambahkan, bahwa seluruh masyarakat yang berdomisili di DIY, dibuktikan dengan KTP, berhak untuk mendaftarkan diri sebagai komisioner.

Selanjutnya tugas tim seleksi adalah memilah agar terpilih Komisioner yang kredibel dan berintegritas.

"Targetnya sebanyak-banyaknya, agar kami bisa memilih yang terbaik. Persyaratan usia minimal adalah 35 tahun sampai batas usia tak terhingga," ungkapnya.

Ia mengatakan, sesuai dengan peraturan yang ada, nantinya akan ada kursi untuk Komisioner perempuan yang bekerja pada periode 2018-2023.

Halaman
12
Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help