DIY

Tirana House Hadirkan Karya 3 Seniman Muda

ketiga seniman muda ini memiliki benang merah yang sama yakni kecenderungan karya 'abstrak' dengan ciri masing-masing.

Tirana House Hadirkan Karya 3 Seniman Muda
istimewa
Tiga seniman muda menggelar pameran Keep Calm and...di Tirana House 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Yudha Kristiawan

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Apa jadinya bila tiga seniman muda bukan satu kelompok menggelar pameran bersama.

Karya tiga seniman muda ini bisa dinikmati dalam pameran bertajuk "Keep Calon and...." yang digelar di Tirana House mulai 8 hingga 31 Mei mendatang.

Nunuk Ambarwati, kurator dalam pameran ini menuturkan, meskipun bukan kelompok, tetapi kekompakan karya ketiganya terjalin sinergis.

Meskipun bukan karya kolaborasi, namun karya mereka saling menguatkan satu sama lain.

Display pameran ini pun sengaja mereka desain agar penikmat seni bisa menikmati puzzle-puzzle karakter karya mereka masing-masing.

Menurut Nunuk, ketiga seniman muda ini memiliki benang merah yang sama yakni kecenderungan karya 'abstrak' dengan ciri masing-masing.

Abstraknya Arif Hanung T yang dua dimensi, abstraknya Erza Qpop mixed media dan abstraknya Cahaya Novan found objects.

"Karya Hanung sangat eksplisit mengajak penikmat seni memberi makna yang dalam pada setiap studi bentuk karya abstraknya. Sementara Erza menampilkan karya dengan media acrylic dan potongan kayu. Kedua seniman ini masih konsisten dengan media yang mereka olah," terang Nunuk.

Lanjut Nunuk, Novan sendiri menampilkan karya yang cukup mengejutkan.

Ia 'bermain-main' dengan mobil hot wheels yang ia olah lagi, ada yang dibongkar rodanya saja hingga dipotong bagian bodinya.

Mengenai tema besar pameran ini, Nunuk menjelaskan, bisa jadi tema ini adalah ajakan atau nyinyiran dari kalimat yang tengah populer Keep Calm dan sengaja, di belakang kata 'and' dikosongkan dengan harapan penikmat seni mengisi sendiri sesuai yanh mereka kehendaki.

"Tajuk ini cukup merepresentasikan mereka. Bukan santai sih tapi lebih tepatnya menikmati tiap proses berkarya bertiga. Karya-karya mereka segar dan menarik. Ada banyak cerita dan impresi yang dihadirkan," ujar Nunuk.

Pameran ini sendiri adalah jembatan menuju pameran mereka bertiga selanjutnya di bulan Juli di Kiniko.

Penikmat seni diajak untuk mengintip, melakukan pembacaan dan mengikuti proses bersama karya mereka melalui pameran 'Keep Calm and...' ini. (*)

Penulis: yud
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved