Home »

DIY

» Bantul

Bantul

Japangmas Digadang Tingkatkan Kesejahteraan Petani Sedayu

Japangmas ini masuk dalam satu dari beberapa bidang program CSR yang dilaksanakan oleh PT Pertamina TBBM Rewulu.

Japangmas Digadang Tingkatkan Kesejahteraan Petani Sedayu
TRIBUNJOGJA.COM / Susilo Wahid
Wabup Bantul, Abdul Halim Muslih (tengah) melihat proses pengolahan padi di Rumah Produksi Benih Padi Kelompok Tani Boga Lestari, Samben, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Kamis (10/5/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) bersama PT Pertamina (Persero) Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Rewulu, Yogyakarta meluncurkan Jaminan Pangan Masyarakat (Japangmas) guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya petani.

Peluncuran Japangmas dilakukan di Rumah Produksi Benih Padi Kelompok Tani Boga Lestari, Samben, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Kamis (10/5/2018).

Hadir Wabup Bantul, Abdul Halim Muslih beserta jajaran dari PT Pertamina, hadir beberapa pimpinan satu di antaranya Operation Head Terminal TBBM Rewulu, Bambang Soepriono.

Bambang menjelaskan bahwa Japangmas ini masuk dalam satu dari beberapa bidang program CSR yang dilaksanakan oleh PT Pertamina TBBM Rewulu.

"Ada delapan bidang yang kita jalankan melalui program CSR selama ini. Japangmas sendiri masuk bidang Pertanian yang menjadi salah satu bidang program CSR yang kita jalankan," kata Bambang.

Realisasi program Japangmas adalah berupa pengelolaan hasil panen untuk didistribusikan kepada masyarakat.

Sementara di level petani, Japangmas diwujudkan dengan program pembuatan pupuk organik.

Satu dari beberapa efek langsung dari Japangmas nantinya, adalah rantai pengolahan beras dari petani ke konsumen yang menjadi terpotong.

"Kita semua tahu bahwa mata rantai dari gabah kering sampai beras siap konsumsi cukup panjang. Petani pun sering berada pada posisi sulit karena keuntungan yang tipis karena harga untuk sampai konsumen sudah dipatok. Melalui Japangmas ini akan kita potong mata rantai tersebut dengan harapan petani bisa lebih sejahtera," katanya.

Sementara itu Wabup Bantul, Abdul Halim Muslih berharap program Japangmas yang dikembangkan PT Pertamina TBBM Rewulu ini bisa ikut serta medukung program Pembda Bantul meningkatkan kesejahteraan para petani khususnya di wilayah Bantul.

Karena program-program CSR seperti ini jika dikembangkan terbukti bisa berefek positif.

"Inovasi teknologi maupun program di bidang pangan seperti Japangmas ini harus senantiasa dikembangkan. Bahkan dengan lahan pertanian yang sempit bisa menghasilkan hasil olahan pangan yang melimpah asal dikelola dengan baik melalui inovasi baik dari segi teknologi, sumber daya manusia maupun kontribusi pemerintah," kata Abdul Halim. (*)

Penulis: sus
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help