Bantul

Jaga Kestabilan Harga Jelang Ramadan, Pemkab Bantul Bakal Lakukan Sidak

Jenis bahan makanan seperti beras, telur, minyak, gula, cabai dan gandum adalah yang paling berpotensi mengalami fluktuasi.

Jaga Kestabilan Harga Jelang Ramadan, Pemkab Bantul Bakal Lakukan Sidak
internet
pemkab bantul 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul melalui Dinas Perdagangan akan melakukan sidak ke pasar-pasar Bantul dalam pekan ini.

Sidak dilakukan sebagai upaya monitoring ketersediaan dan memastikan kestabilan harga bahan makanan pokok.

"Dalam minggu ini ya. Nanti dinas perdagangan akan sidak ke pasar-pasar untuk mengetahui ketersediaan bahan dan harga. Jelang Bulan Ramadan biasanya terjadi fluktuasi harga dan ketersediaan bahan pokok," kata Wakil Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, Kamis (10/8/2018).

Abdul Halim menjelaskan, apapun nanti temuan di pasar ketika dilakukan sidak akan direspon oleh Pemkab Bantul.

Entah harga yang melambung tinggi atau seandainya stok bahan makanan tertentu menjadi langka.

Pemkab melalui dinas perdagangan akan berupaya mengatasinya.

Jenis bahan makanan seperti beras, telur, minyak, gula, cabai dan gandum menurut Abdul Halim adalah yang paling berpotensi mengalami fluktuasi.

"Tapi nanti kita upayakan harga tetap terjangkau dan sesuai pasaran serta ketersediannya bisa terus terjaga," kata Abdul Halim.

Sementara itu Direktur Utama Bulog, Budi Waseso beberapa waktu lalu sempat berujar, stok ketersediaan dan harga bahan makanan pokok jenis beras di pasaran jelang Bulan Ramadhan masih aman. Ia juga mengklaim kondisi ini akan bertahan sampai Bulan Ramadhan tiba.

"Secara nasional tidak ada kendala soal stok dan harga beras menjelang Bulan Ramadhan. Kita pastikan akan tetap aman. Tapi kita akan terus lakukan pengawasan untuk mewaspadi adanya pihak yang tak bertanggungjawab mengambil keuntungan di saat-saat seperti ini," kata Budi. (*)

Penulis: sus
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help