Pendidikan

UAJY Jalin Kerja Sama Penelitian dengan University of Huddersfield Inggris

Kedua universitas ini mendalami proses komunikasi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) yang ada di Kedungrong, Kulonprogo.

UAJY Jalin Kerja Sama Penelitian dengan University of Huddersfield Inggris
internet
logo UAJY

TRIBUNJOGJA.COM - Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) bekerja sama dengan University of Huddersfield (UoH) mendalami proses komunikasi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) yang ada di Kedungrong, Kulonprogo.

Dusun Kedungrong, mendapat perhatian khusus dari peserta Huddersfield Business School Research Conference di Inggris karena dusun ini memiliki program pembangunan Energi Baru Terbarukan (EBT).

Di awal tahun ini, Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) bekerja sama dengan University of Huddersfield (UoH) mendalami proses komunikasi pembangunan PLTMH tersebut.

Hasil penelitian tersebut lantas dipresentasikan di depan peserta konferensi lintas benua awal tahun kemarin.

Dalam kerjasama kali ini, UAJY diwakili oleh tujuh dosen dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Dr Gregoria Arum Yudarwati, mewakili tim peneliti, memaparkan pihaknya memfokuskan presentasi pada pengalaman mengimplementasikan Appreciative Inquiry (AI) sebagai metode penelitian.

"Pendekatan AI yang berasal dari negara barat, menjadi tantangan ketika diterapkan di Indonesia. Pendekatan storytelling dalam AI ternyata sejalan dengan tradisi oral masyarakat Indonesia," ujarnya.

Pendekatan ini menurutnya mampu menggali orientasi positif ke depan.

Selain itu, AI juga mampu mendorong masyarakat untuk mempersiapkan diri memanfaatkan potensi dari PLTMH secara optimal.

Kini UAJY dan UoH sedang berkolaborasi dalam skema penelitian Newton Fund Institutional Link (NFIL) British Council.

Penelitian tersebut berjudul "Transitions towards Renewable Energy Based Communities: A Strategic Communication and Community Engagement Approach to the Indonesian Energy Self-Sufficient Villages Project".

Kerja sama penelitian ini berlangsung selama dua tahun dengan berbagai output yang bermanfaat untuk kedua belah pihak.(*)

Penulis: nto
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help