Bisnis

Ada Layanan Kereta Api Baru untuk Masyarakat Solo-Yogya-Kutoarjo

Direncanakan, KA baru yang dibuat oleh PT INKA Madiun ini akan diresmikan oleh Menteri Perhubungan, Walikota Solo dan Dirut PT KAI.

Ada Layanan Kereta Api Baru untuk Masyarakat Solo-Yogya-Kutoarjo
TRIBUNJOGJA.COM / Rento Ari Nugroho
Rangkaian KA Bandara produksi PT INKA Madiun ketika diujicoba melintasi wilayah Klaten. KA jenis ini akan dioperasikan sebagai KA Solo Ekspres yang akan melayani rute Solo-Kutoarjo mendampingi layanan KA Prambanan Ekspres 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Selain KA Prambanan Ekspres (Prameks), tidak lama lagi masyarakat Solo, Yogya dan Kutoarjo bisa menikmati layanan KA baru.

Akhir pekan ini PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta akan meluncurkan KA baru mendampingi layanan KA Prameks.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Tribun Jogja dari Humas PT KAI Daop 6, layanan KA baru ini akan menggunakan rangkaian KA Bandara Internasional Adi Sumarmo (BIAS).

"Sementara, karena jalur ke Bandara belum jadi, maka rangkaian digunakan untuk melayani penumpang di rute Solo-Yogya hingga Kutoarjo. Namanya KA Solo Ekspres," kata Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budianto, Rabu (9/5/2018) di kantornya.

Baca: Tahun Depan, Proyek Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya Dimulai

Eko menjelaskan, KA Solo Ekspress yang terdiri dari empat kereta penumpang dalam satu set ini akan diresmikan pada Jumat (11/5/2018) di Solo.

Direncanakan, KA baru yang dibuat oleh PT INKA Madiun ini akan diresmikan oleh Menteri Perhubungan, Walikota Solo dan Dirut PT KAI.

"KA baru ini memiliki kapasitas sekitar 300 penumpang. Akan ada dua rangkaian yang berjalan," imbuhnya.

Mengenai tarif, untuk jarak Solo-Kutoarjo penumpang membayar Rp 40 ribu. Sementara untuk rute Solo-Yogya atau Yogya-Kutoarjo tarifnya Rp 30 ribu.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Ari Nugroho
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved