Bantul

Menteri BUMN Beri Selamat ke Petani Kebonagung dan Sampaikan Terima Kasih pada Bank BRI

Rini berkomitmen menjaga stabilitas harga pangan termasuk beras ini dengan menggandeng BUMN terkait.

Menteri BUMN Beri Selamat ke Petani Kebonagung dan Sampaikan Terima Kasih pada Bank BRI
TRIBUNJOGJA.COM / Susilo Wahid
Menteri BUMN, Rini Soemarmo mengoperasikan mesin pemanen padi bersama Dirut Bulog, Budi Waseso di Kebonagung, Imogiri, Bantul, Sabtu (5/5/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarmo secara khusus memberi ucapan selamat kepada para petani padi di daerah Kebonagung, Imogiri, Bantul.

Ini setelah para petani mendapatkan hasil cukup memuaskan di periode panen musim ini.

"Selamat untuk para petani di sini (Kebonagung), saya lihat hasil panen bagus," kata Rini di hadapan para petani. Sebelumnya, ia datang dengan disambut tarian tradisional dan iringan irama gejol lesung dari para petani dan masyarakat sekitar Kebonagung.

Rini, sengaja datang ke Kebonagung, Sabtu (5/5/2018) sore untuk melakukan kunjungan kerja.

Ia datang bersama beberapa pejabat tinggi negara seperti mantan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Budi Waseso yang kini menjabat sebagai Dirut Bulog.

Rini juga mengucapkan terimakasih kepada Bank BRI karena selama ini telah memberi suport dan dukungan kepada pemerintah dalam menjaga kesejahteraan para petani melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang sudah beberapa waktu diluncurkan.

"Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga 7 persen ini bisa diandalkan para petani. Karena di dalamnya sudah termasuk kredit untuk biaya hidup per bulannya. Jadi nanti petani setelah panen tidak perlu bingung lagi untuk meminjam kemana-mana," kata Rini.

Di sisi lain, Rini berkomitmen menjaga stabilitas harga pangan termasuk beras ini dengan menggandeng BUMN terkait.

"Kita sedang gencar terapkan serap gabah (sergab) sebagai upaya kita menjaga stabilitas harga dan menjaga kesejahteraan petani," kata Rini.

Selain itu, ditunjuknya Budi Waseso sebagai Dirut Bulog diyakini Rini akan menjadikan upaya pemerintah dalam menjaga kestabilan harga beras menjadi lebih maksimal.

Rini pun siap bekerjasama dengan berkoordinasi dengan pihak Bulog.

Sementara di kesempatan yang sama, Budi Waseso berkomitmen menjaga ketahanan pangan satu di antaranya penjagaan kualitas dengan cara berkoordinasi dengan Menteri Pertanian.

Ini dilakukan, agar produksi pertanian padi meningkat dan kualitasnya terjaga.

"Kalau produksi bagus dan kualitas terjaga saya rasa tidak perlu lagi import beras. Ke depan kita juga akan gencar melakukan kontrol harga beras agar petani bisa mendapat harga tinggi sementara konsumen mendapat harga terendah. Kita libatkan satgas pangan nantinya," kata Budi. (*)

Penulis: sus
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help