Wisata

Festival Bantul Masa Belanda Jadi Embrio Pengembangan Desa Wisata Ngringinan

Festival Bantul Masa Belanda jadi embrio pengembangan Desa Wisata Ngringinan.

Festival Bantul Masa Belanda Jadi Embrio Pengembangan Desa Wisata Ngringinan
Tribun Jogja/ Ahmad Syarifudin
Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo membuka Festival Bantul masa Belanda di Desa Wisata Ngringinan dengan pemukulan gong, Sabtu(5/5/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ahmad Syarifudin

TRIBUNJOGJA.COM -Digelarnya Bantul Masa Belanda'>Festival Bantul Masa Belanda di Desa Wisata Ngringinan, Palbapang, diharapkan mampu menjadi stimulus dalam upaya pemberdayaan masyarakat desa wisata di Kabupaten Bantul.

Festival yang mengambil konsep suasana zaman kolonial Belanda ini diinisiasi oleh mahasiswa D3 Pariwisata Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dosen Managemen Desa Wisata UGM, Fathurrahman SIP Msi, mengatakan, penyelenggaraan Bantul Masa Belanda'>Festival Bantul Masa Belanda merupakan bentuk pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa terhadap desa wisata.

Program ini memiliki tujuan dalam upaya pengenalan potensi desa wisata kepada masyarakat luas.

Melalui program pariwisata pembangunan dan pariwisata yang berkelanjutan.

"Festival Bantul Masa Belanda ini diharapkan dapat memberikan manfaat. Mengembangkan pariwisata yang berkelanjutan. Dari awalnya desa wisata tumbuh, berkembang dan nantinya bisa menjadi desa wisata yang mandiri," ujar Fathurrahman, Sabtu (5/5/2018).

Dalam pelaksanaan program ini, pihaknya selaku pembimbing program mahasiswa Kepariwisataan ini mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah ikut serta membantu pelaksanaan Festival ini.

Menurutnya, mahasiswa dan perguruan tinggi sebagai insan terdidik sudah sepatutnya terjun ke lapangan untuk membantu problem solving (pemecahan masalah) yang dihadapi masyarakat desa wisata.

"Festival ini diharapkan menjadi problem solving, sehingga bisa menjadi program yang nantinya berkelanjutan," terang dia.

Halaman
123
Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved