NASA dan ESA Bawa Tanah Mars ke Bumi untuk Selidiki Alien

NASA dan ESA berencana membawa tanah dan batuan Mars ke Bumi untuk memahami apakah planet tersebut menyokong kehidupan alien.

NASA dan ESA Bawa Tanah Mars ke Bumi untuk Selidiki Alien
IST
Ilustrasi Planet Mars dan Alien 

TRIBUNJOGJA.COM - NASA dan European Space Agency (ESA) berencana untuk membawa tanah dan batuan Mars ke Bumi dalam rangka memahami apakah planet tersebut bisa menyokong kehidupan alien.

Mengambil sampel tanah dari planet merah dianggap bisa menjadi terobosan untuk memahami lebih jauh apakah di Mars terdapat kehidupan.

Meskipun begitu, misi ini sangat sulit, membutuhkan beberapa kali peluncuran dan navigasi yang kompleks.

Dua badan antariksa tersebut telah menandatangani pernyataan terkait niat mereka untuk membawa tanah dari Mars agar bisa diteliti di Bumi.

Sebelumnya, kita telah mengirim ‘sesuatu’ ke Mars: contohnya, Curiosity, si kendaraan penjelajah, yang berguling di sekitar Mars untuk meneliti permukaannya.

Namun, menurut para ilmuwan, akan lebih berguna apabila kita bisa membawa sesuatu dari planet tersebut dan memeriksa detailnya di Bumi.

Secara keseluruhan, misi ini mungkin membutuhkan waktu selama tiga bulan. Pertama-tama, kendaraan eksplorasi NASA akan dikirim ke Mars untuk mengumpulkan 31 sampel.

Misi kedua, sampel tersebut akan ditempatkan di kendaraan spesial yang membawanya ke orbit Mars. Selanjutnya, pesawat ruang angkasa terbang ke Mars untuk menangkap dan membawa sampel tersebut ke Bumi.

Begitu sampai di Bumi, sampel itu akan diteliti untuk mengetahui petunjuk tentang Mars dan juga planet kita sendiri.

Halaman
12
Editor: iwanoganapriansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help