Travel

Hubungkan Jakarta-Tokyo Narita, AirAsia X Indonesia Umumkan Penerbangan Perdana

Penerbangan XT 408 menuju Jakarta berangkat pada pukul 11.30 waktu setempat dengan 93% keterisian penumpang.

Hubungkan Jakarta-Tokyo Narita, AirAsia X Indonesia Umumkan Penerbangan Perdana
istimewa
Boeing 

TRIBUNJOGJA.COM - AirAsia X Indonesia (kode penerbangan XT) hari ini meresmikan pengoperasian rute baru yang menghubungkan Jakarta, Indonesia, dan Tokyo Narita, Jepang, menjadikannya satu-satunya maskapai berbiaya hemat (LCC) yang mengoperasikan layanan penerbangan langsung rute tersebut.

Penerbangan perdana XT 407 berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta kemarin malam pada pukul 23.50 dan mendarat di Bandara Internasional Narita pada pukul 09.10 waktu setempat pada hari ini dengan tingkat keterisian penumpang sebesar 88%.

Sementara itu, Penerbangan XT 408 menuju Jakarta berangkat pada pukul 11.30 waktu setempat dengan 93% keterisian penumpang.

Seremoni keberangkatan penerbangan perdana dari Jakarta dihadiri oleh tamu-tamu terhormat, antara lain Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Agus Santoso; Staf Khusus Menteri Bidang Infrastruktur Pariwisata, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Judi Rifajantoro; Executive General Manager Bandara  Internasional Soekarno-Hatta, PT Angkasa Pura II (Persero), M Suriawan Wakan dan CEO Grup AirAsia di Indonesia, Dendy Kurniawan, beserta jajaran direksi AirAsia Indonesia dan AirAsia X Indonesia.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Agus Santoso mengatakan, “Kami dari Kementerian Perhubungan mengucapkan selamat kepada seluruh jajaran AirAsia X Indonesia atas dioperasikannya rute yang baru ini. Kementerian Perhubungan selalu mendorong kemajuan penambahan rute-rute baru dari maskapai penerbangan sesuai dengan amanah Presiden Joko Widodo yang mengatakan bahwa kemajuan ekonomi salah satunya dapat ditempuh melalui kemajuan konektivitas. Adanya dua kota yg terhubung dengan penerbangan ini berarti AirAsia turut berpartisipasi mendukung program pemerintah untuk memberikan aksesibilitas yang menghubungkan kota-kota di Indonesia dengan kota-kota di seluruh dunia.”

Sementara itu CEO AirAsia X Indonesia, Kapten Sulistyo Nugroho Hanung mengatakan bahwa sebagai satu-satunya LCC yang menawarkan penerbangan langsung Jakarta – Tokyo Narita, AirAsia X Indonesia semakin memudahkan wisatawan Jepang untuk mengunjungi Indonesia dengan tarif terjangkau dan sebaliknya, yang diharapkan dapat berkontribusi pada pertumbuhan pariwisata kedua negara.

 “Tarif hemat yang kami tawarkan diharapkan dapat lebih meningkatkan industri pariwisata dan potensi bisnis untuk kedua negara. Kami sangat senang mencatat tingkat keterisian penumpang yang tinggi pada penerbangan perdana kami ke Tokyo dan juga ke Jakarta. Hal ini memberikan optimisme bahwa layanan penerbangan langsung baru antara Jakarta, salah satu kota dengan potensi pariwisata yang berkembang paling cepat di Asia, dan destinasi modern Tokyo, akan membawa dampak ekonomi yang positif,” ujar Hanung.

 AirAsia X Indonesia sebelumnya telah meluNcurkan layanan langsung harian dari Bali ke Tokyo Narita pada Mei 2017. Rute ini mencatat load factor rata-rata 72% pada kuartal pertama 2018, meskipun kuartal pertama termasuk ke dalam periode low season.

 Merayakan penerbangan perdana ini, AirAsia X Indonesia menawarkan penawaran khusus mulai dari harga Rp1.190.000 sekali jalan untuk kursi reguler sebagai penghargaan kepada pelanggan setia kami.

 Rute baru yang telah dibuka penjualannya sejak 1 Februari 2018 akan beroperasi setiap hari mulai hari ini. Layanan baru ini dioperasikan dengan Airbus A330-300 dengan kapasitas 377 kursi. (*)

Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved