Nasional

Angka Kecelakaan Tinggi, Pemda Diminta Ikut Jamin Keselamatan Kendaraan

Setiap Pemda wajib mengawasi pelaku usaha transportasi di wilayahnya masing-masing.

Angka Kecelakaan Tinggi, Pemda Diminta Ikut Jamin Keselamatan Kendaraan
internet
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA — Untuk menanggulangi banyaknya kasus kecelakaan angkutan umum, pemerintah daerah diminta serius.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Sarana Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Eddy Gunawan.

Eddy mengatakan, setiap Pemda wajib mengawasi pelaku usaha transportasi di wilayahnya masing-masing.

Ia pun meminta jaminan Pemda untuk keselamatan angkutan umum.

"Pemda diharapkan memberikan jaminan keselamatan kendaraan, khususnya kendaraan komersial," ujar Eddy lewat siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (3/5/2018).

Dengan adanya jaminan itu, diharapkan potensi kecelakaan menurun signifikan. Eddy mengatakan, belakangan banyak kasus kecelakaan angkutan umum yang menelan korban jiwa tidak sedikit.

Penyebab kecelakaan tidak hanya akibat dari kesalahan pengemudi, tetapi juga karena kondisi fisik kendaraan yang secara teknis tidak siap untuk dioperasikan di jalan.

Baca: Kecelakaan Beruntun di Boyolali, Satu Truk Alami Rem Blong dan Tabrak Tiga Mobil di Depannya

"Akibat kurangnya kesadaran dari para pelaku usaha transportasi untuk selalu memastikan kondisi kendaraannya dan melaksanakan uji berkala kendaraan bermotor dengan benar secara rutin," kata Eddy.

Oleh karena itu, Kementerian Perhubungan melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) pengujian kendaraan bermotor guna meningkatkan kualitas Penguji pada 3-4 Mei 2018 di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Penyelengaraan pengujian berkala kendaraan bermotor yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan bertujuan memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait keselamatan kendaraan secara teknis di jalan.

Selain itu peraturan itu juga untuk memelihara kelestarian lingkungan dari potensi pencemaran yang dapat diakibatkan oleh penggunaan kendaraan.(TRIBUNJOGJA.COM)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Marak Kecelakaan, Pemda Diminta Ikut Jamin Keselamatan Kendaraan", https://ekonomi.kompas.com/read/2018/05/03/210740126/marak-kecelakaan-pemda-diminta-ikut-jamin-keselamatan-kendaraan.
Penulis : Ambaranie Nadia Kemala Movanita
Editor : Palupi Annisa Auliani

Editor: Ari Nugroho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help