Nasional

Gap Areal dan Poduktivitas Sebabkan Produksi Gula Nasional Rendah

Saat ini produksi gula nasional hanya 2,14 juta ton dengan luas area perkebunan tebu sekitar 423 ribu hektar.

Gap Areal dan Poduktivitas Sebabkan Produksi Gula Nasional Rendah
istimewa
Suasana Seminar Nasional yang bertajuk Kajian Komprehensif Sistem Pergulaan Menuju Ketahanan dan Kemandirian Industri Gula Nasional, Kamis (26/4) di Gedung Auditorium MM UGM. 

TRIBUNJOGJA.COM - Produksi gula nasional dinilai belum mampu memenuhi kebutuhan nasional.

Produksi nasional hanya mencapai 2,1 juta ton per sementara kebutuhan akan gula konsumsi dan rafinasi mencapai 6,8 juta ton.

Menurunnya produksi gula nasional disebabkan rendahnya produktivitas 48 pabrik gula milik pemerintah dan 17 milik swasta serta semakin menurunnya jumlah lahan perkebunan tebu nasional.

Oleh karena itu pemerintah dan swasta diharapkan melakukan revitalisasi pabrik gula, menambah jumlah lahan tebu serta meningkatkan program kemitraan dengan petani tebu rakyat.

Demikian yang mengemuka dalam Seminar Nasional yang bertajuk Kajian Komprehensif Sistem Pergulaan Menuju Ketahanan dan Kemandirian Industri Gula Nasional, Kamis (26/4/2018) di Gedung Auditorium MM UGM.

Seminar yang diselenggarakan oleh Pusat Studi Asia Pasifik (PSAP) UGM ini menghadirkan pembicara diantaranya Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian, Kemenko Perekonomian, Ir Musdalifah Machmud, MT, Ditjen Perdagangan Luar Negeri, Kementertian Perdagangan, Oke Nurwan Dipl Ing, dan Direktur Tanaman Semusim dan Rempah Ditjen Perkebunan, Kementerian Pertanian, Dr Agus Wahyudi.

Musdalifah Machmud mengatakan industri gula saat ini sebagian besar berada di pulau Jawa karena beberapa pabrik tersebut umumnya bekas peninggalan Belanda.

“Rata-rata perushaan gula berumur lebih dari 100 tahun,” ujarnya.

Dengan pabrik yang berusia sudah tua tersebut menurutnya pemerintah melakukan revitalisasi dan penambhan jumlah pabrik baru untuk meningktakan jumlah produksi gula nasional, “Empat pabrik  yang baru akan mulai beroperasi tahu 2022 dengan kapasitas 12 ribu Ton cane Per Day (TCD),” katanya.

Meski sekitar 78,7 persen dari pabrik gula berada di Pulau Jawa, namun daerah yang paling banyak ada pabrik gula justru berada di daerah Jawa Timur.

Halaman
123
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help