Budaya

4600 Apem Meriahkan Ruwahan Berkah Pedestrian Code Gumreget

PCG yang berada di kawasan kampung Gemblakan, Suryatmajan, Kota Yogyakarta seolah berubah menjadi lautan apem dalam waktu sehari.

4600 Apem Meriahkan Ruwahan Berkah Pedestrian Code Gumreget
tribun Jogja/ Wahyu Setiawan Nugroho
Warga bergotong royong memasak apem dalam Ruwahan Berkah di Kampung Gemblakan, Suryatmajan, Danurejan, Kota Yogyakarta, Minggu (22/4/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wahyu Setiawan Nugroho

TRIBUNJOGJA.COM - Pedestrian Code Gumreget (PCG) yang berada di kawasan kampung Gemblakan, Suryatmajan, Kota Yogyakarta seolah berubah menjadi lautan apem dalam waktu sehari.

Para warga begotong royong memasak bersama kue apem yang menjadi simbol wujud syukur masyarakat.

"Target awal kita 1000 apem tapi menjelang acara banyak yang usul dan naik 3000 dan ternyata masih bisa banyak yang antusias dan siap membuat hingga terkumpul 4600 apem," ujar Paryanto, Ketua RW 7 sekaligus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Suryatmajan, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta saat ditemui Tribunjogja.com, Minggu (22/4/2018).

Warga  cukup  antusias dan senang dapat ikut serta dalam acara perwujudan rasa syukur dan mengangkat kebudayaan gotong royong yang disebut Ruwahan Berkah ini.

Ratusan warga berpartisipasi dalam kegiatan ini. Banyak yang membantu dengan mengumpulkan dana, barang, maupun andil dengan tenaga.

Apem yang dikumpulkan ini selanjutnya akan digunakan sebagai acara lomba makan apem, Kirab Gunungan serta Kenduri Berkat sebagai puncak acara Ruwahan Berkah ini.

Melalui kegiatan ini harapannya mampu menjadi sebuah langkah untuk nguri-uri budaya jawa yakni gotong royong serta bisa menjadi pengingat akan rasa syukur kepada Tuhan YME.

"PCG sebagai penyangga wisata di Malioboro bisa menjadi tempat yang representatif untuk menunjang wisata budaya di Kota Yogyakarta," lanjutnya. (tribunjogja)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help