Berpuasa Satu Hari di Bulan Sya'ban Diharamkan dari Api Neraka

Bulan ini memiliki banyak keistimewaan, di mana umat Islam dianjurkan untuk melakukan banyak amal kebaikan

Berpuasa Satu Hari di Bulan Sya'ban Diharamkan dari Api Neraka
Net
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Selasa (17/4/2018) sudah memasuki bulan Sya'ban 1439 Hijriah.

Bulan ini memiliki banyak keistimewaan, di mana umat Islam dianjurkan untuk melakukan banyak amal kebaikan, untuk meraih pahala dari Allah SWT.

Terdapat sejumlah peristiwa penting yang terjadi di bulan Sya'ban.

Seperti dilansir NU online, peristiwa bersejarah itu di antaranya adalah peristiwa pengalihan arah kiblat dari Masjidil Aqsha di Palestina ke Ka‘bah di Arab Saudi dengan penurunan Surat Al-Baqarah ayat 144, Surat Al-Ahzab ayat 56 yang menganjurkan pembacaan shalawat, serta diangkatnya amal-amal manusia menuju ke hadirat Allah SWT.

Salah satu amalan yang dianjurkan di bulan Sya'ban adalah puasa.

Hal ini sesuai beberapa riwayat berikut.

Dari Usamah bin Zaid, beliau berkata, “Katakanlah wahai Rasulullah, aku tidak pernah melihatmu berpuasa selama sebulan dari bulan-bulannya selain di bulan Sya’ban”. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ

“Bulan Sya’ban adalah bulan di mana manusia mulai lalai yaitu di antara bulan Rajab dan Ramadhan. Bulan tersebut adalah bulan dinaikkannya berbagai amalan kepada Allah, Rabb semesta alam. Oleh karena itu, aku amatlah suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikkan.” (HR. An Nasa’i. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan,

Halaman
123
Penulis: say
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved