Kota Yogyakarta

Tahun Ini Disdik Bentuk Dua Kampung Kompetensi

Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta tahun ini mencanangkan Kampung Kompetensi yang dimulai di dua tempat, yakni Badran dan Kotabaru.

Tahun Ini Disdik Bentuk Dua Kampung Kompetensi
TRIBUNJOGJA.COM / kurniatul Hidayah
Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Edy Heri Suasana. 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta tahun ini mencanangkan Kampung Kompetensi yang dimulai di dua tempat, yakni Badran dan Kotabaru.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Edy Heri Suasana menjelaskan bahwa kampung kompetensi berupaya membekali warganya agar memiliki kemampuan khusus atau kompetensi hingga mengantongi sertifikasi kompetensi guna mengkatrol perekonomiannya.

"Di Badran mengarah pada kompetensi batik. Ada pelatihan membatik dilanjutkan uji kompetensi membatik sehingga nanti menghasilkan sertifikat kompetensi. Nanti batik masyarakat Kampung Badran bisa diakui dunia usaha dan industri. Harapannya bisa membantu mengangkat perekonomian," ujarnya, Selasa (17/4/2018).

Edy menjelaskan, alasan memilih Kampung Badran karena selama ini daerah tersebut dinilai jauh dari persoalan budaya.

"Tapi di sana ada cikal bakal budaya. Beberapa tahun ini tidak muncul, kita coba kembangkan lagi dengan pelatihan masyarakat. Dulu ada tokoh budaya di sana, tapi 10 tahun sudah tidak ada," urainya.

Baca: Disdikpora DIY Siapkan Helpdesk UNBK Berbasis Web

Selain itu, Edy menambahkan, tujuan dikukuhkannya Kampung Badran sebagai Kampung Kompetensi sekaligus membantu pengentasan kemiskinan.

Bila batik berkembang di daerah tersebut, tak menutup kemungkinan nantinya Kampung Badran bisa menjadi destinasi wisata dan juga lahirnya pelaku UMKM di industri batik.

"Kalau mereka sudah punya kompetensi membatik dan punya sertifikat, bisa dikembangkan," tambahnya

Halaman
12
Penulis: kur
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved