TribunJogja/

Kota Yogyakarta

Kontes Ikan Koi Terbesar Akan Dihelat di Yogyakarta

Acara yang dihelat di Gor UNY mulai 20-22 April 2018 mendatang ini akan mempertandingkan kelas Young Koi

Kontes Ikan Koi Terbesar Akan Dihelat di Yogyakarta
Tribun Jogja/ Wahyu Setiawan
Eka Wiyandi, Ketua Panitia All Indonesia Young Koi Show 14 (kiri) saat menunjukkan koleksi ikan koi di sekretariat Jogja Koi Club, Selasa (17/4/2018) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wahyu Setiawan Nugroho

TRIBUNJOGJA.COM - Asosiasi Pecinta Koi Imdonesia (APKI) akan menghelat event All Indonesia Young Koi Show yang ke-14 di Yogyakarta.

Acara yang dihelat di Gor UNY mulai 20-22 April 2018 mendatang ini akan mempertandingkan kelas Young Koi dengan 11 kategori ukuran yang berbeda.

"Dalam ajang ini akan diadakan kontes koi kategori young dengan 11 kelas ukuran mulai dari up to 15 cm, 16-20 cm, 21-25 cm, 26-30 cm, 31-35 cm, 36-40 cm, 41-45 cm, 46-50 cm, 51-55 cm, 56-60 cm dan terakhir 61-65 cm," jelas Eka Wiyandi, Ketua Panitia All Indonesia Young Koi Show ke-14, Selasa (17/4/2018).

Ia melanjutkan, kontes ikan koi ini akan menghadirkan ratusan ikan koi dari seluruh penggemar ikan koi di Indonesia.

"Untuk peserta mungkin akan seperti tahub sebelumnya yang merata baik dari jawa, sumatera, kalimantan akan siap hadir dalam event ini," tambahnya.

Dalam ajang kontes ini, pemenang akan mendapatkan hadiah bergengsi dari panitia dan tak lain yakni gelar prestisius ikan koi setelah mendapatkan gelar juara ini.

Ikan koi yang menjadi juara dalam kontes ini biasanya akan meningkatkan harga jual dan nilai prestisius dari ikan koi bagi pemiliknya.

"Pemenang kontes ini biasanya harga jual akan melambung selain itu juga terkadang akan dicari untuk indukan," jelasnya.

Dalam kontes ini akan diperlombakan dengan berbagai kriteria dan penilaian, mulai dari ukuran, proporsionalitas ikan, corak atau pattern, hingga kesehatan ikan.

"Kita akan mengundang juri dari Jepang, Thailand, Malaysia serta Indonesia untuk menilai ikan koi dalam event ini," katanya.

Selain kontes, dalam ajang ini akan ada pula acara lelang ikan koi yang menawarkan berbagai ikan koi dengan berbagai corak dan pattern yang tercipta, serta tak ketinggalan acara ini sebagai media promosi dan edukasi bagi masyarakat yang tertarik untuk memelihara ikan koi.

Akan ada 17 jenis ikan koi yang siap bertanding dalam kontes ikan koi tersebut diantaranya Kohaku, Taisho Sanshoku, Showa Sanshoku, Koromo, Goshiki, Bekko, Shusui, Asagi hingga Tancho dan lainnya. (*)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help