Kota Yogyakarta

Keparakan Siap Tampilkan Kerajinan Unggulan di Hotel

Ketua Kampung Kerajinan Keparakan, Sujadi menjelaskan bahwa pihaknya siap untuk memajang produk unggulan mereka di hotel-hotel.

Keparakan Siap Tampilkan Kerajinan Unggulan di Hotel
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi secara simbolis meluncurkan program Gandeng Gendong, Selasa (10/4). 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Program Gandeng Gendong membawa angin segar bagi perajin maupun pelaku UMKM, salah satunya adalah perajin kulit di Kampung Keparakan.

Ketua Kampung Kerajinan Keparakan, Sujadi menjelaskan bahwa pihaknya siap untuk memajang produk unggulan mereka di hotel-hotel.

"Kami sudah menyiapkan pelatihan dan kerjasama dengan dinas terkait untuk pameran regional dan nasional. Masyarakat pemula dan penganguuran dilatih keterampilan supaya bisa memasuki lapangan pekerjaan yang tersedia di Keparakan," jelasnya, Selasa (17/4/2018).

Ia menjelaskan bahwa pihaknya sudah melayani pesanan ke berbagai hotel, bekerjasama dengan hotel, terkait produk kerajinan untuk wisatawan yang berkunjung ke hotel.

"Selama ini hanya berdasarkan order. Belum mendisplay produk di hotel," ucapnya.

Ia menyebut bahwa saat ini di Keparakan terdapat 41 perajin yang memproduksi aneka produk kulit. Mulai dari sandal, tas, jaket, asesoris, dan sepatu.

Baca: Sepatu dan Sandal Kulit Keparakan Yogya Ini Tembus Amerika

"Memang saat ini unggulannya adalah sandal kulit. Sampai sekarang kami masih sibuk produksi untuk memenuhi orderan yang datang ke kita," bebernya.

Kepala Bidang Usaha Mikro Kecil Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta, Tri Karyadi Riyanto menyebutkan bahwa untuk memberdayakan UMKM untuk berkontribusi dalam Gandeng Gendong, pihaknya membidik produk lokal.

Halaman
12
Penulis: kur
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help