Krisis Suriah

Ini Dia Tiga Kedahsyatan Pantsir-S1 yang Rontokkan Rudal Sekutu

Peranti ini diketahui bisa memandu peluncuran empat unit rudal sekaligus dan simultan

Ini Dia Tiga Kedahsyatan Pantsir-S1 yang Rontokkan Rudal Sekutu
Sputniknews
Pantsir-S1 

TRIBUNJOGJA.COM, MOSKOW - Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan 71 dari 103 rudal yang diluncurkan AS, Inggris, Prancis, berguguran sebelum mencapai target di Suriah.

Dari sejumlah arsenal pertahanan udara yang dikerahkan, sistem antirudal Pantsir S1 diklaim 100 persen efektif menangkal serbuan rudal yang datang.

Laman Sputniknews, Selasa (17/4/2018) membeber mengapa sistem antirudal Pantsir S1 ini begitu digjaya menandingi rudal baru AS yang diklaim Presiden Trump lebih cepat dan pintar?

Rumus umum atau dasar kerja sistem rudal pertahanan udara yang pertama adalah, mutlak harus bisa melihat target yang akan dicegat dan dihancurkan.

Pantsir S1 memiliki tiga peranti untuk melihat kedatangan musuh. Pertama, radar penjejak target yang mampu mendeteksi pesawat musuh pada jarak 32-45 km dengan penglihatan 360 derajat.

Kedua radar pelqcak yang bertanggungjawab mengunci target saat sudah masuk radius efektif penembakan. Radar ini mampu melacak 20 target pada sudut pantauan 45 derajat.

Peranti ini bisa memandu peluncuran empat unit rudal sekaligus dan simultan. Jika dua alat ini masih kurang, masih ada satu lagi dimiliki Pantsir S1.

Yaitu radar inframerah, yabg mampu mendeteksi, menjejaki, melacak target di kondisi pengamatan yang kurang jelas. Biasanya karena faktor cuaca.

Peralatan ini akan bekerja otomatis. Ketiga radar Pantsir S1 itu bisa dioperasikan bersamaan dalam satu waktu dan sistem yang simultan.

Inilah kehebatan sistem antirudal Pantsir S1 yang rata-rata jangkauan dan efektifitas kerjanya mengesankan. Sistem penangkis udara ini bisa menyerang 10 target tiap menitnya.

Halaman
123
Penulis: xna
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help