TribunJogja/

Pendidikan

Dukung PISPK, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Gelar Sosialisasi Kegiatan GERMAS di Rembang

Wilayah tersebut dipilih karena masih adanya kasus Stunting, TB, cakupan dan mutu imunisasi di daerah tersebut.

Dukung PISPK, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Gelar Sosialisasi Kegiatan GERMAS di Rembang
Dok.Pri
Poltekkes Kemenkes Yogyakarta kembali menyelenggarakan sosialisasi kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Desa Sumber, Kecamatan Sumber, Rembang, Jawa Tengah. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM - Dalam rangka pengabdian kepada masyarakat, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta kembali menyelenggarakan sosialisasi kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Desa Sumber, Kecamatan Sumber, Rembang, Jawa Tengah.

Wilayah tersebut dipilih karena masih adanya kasus Stunting, TB, cakupan dan mutu imunisasi di daerah tersebut.

Pengarah Kegiatan Sosilaisasi Germas, Arini Winarti Rinawati mengatakan, kegiatan ini juga dalam rangka mendukung Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PISPK) dan memotivasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada masyarakat.

"Melalui GERMAS, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta mempunyai fungsi dan tugas dalam mengemban salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu berupa pengabdian kepada masyarakat," papar Arini melalui keterangan tertulis yang diterima Tribunjogja.com pada Selasa (17/4/2018).

Dalam bidang pendidikan kesehatan, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta mempunyai tanggung jawab membantu langsung pada masyarakat di bidang kesehatan.

"Kegiatan tersebut dilaksanakan secara nyata dalam bentuk pengelolaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan sasaran, pelaksanaan dan evaluasi dilaksanakan di lingkungan masyarakat," lanjutnya.

Pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan kerja lapangan yang dilaksanakan baik secara lintas program maupun lintas sektoral meliputi para dosen dan mahasiswa.

Sebanyak 6 Jurusan yang ada di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta secara bersama-sama bekerja di lapangan untuk melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sesuai bidang ilmu masing-masing.

"Pengabdian masyarakat ini melalui program pendidikan masyarakat berupa ceramah, dan diskusi tentang materi GERMAS, dan berupa kegiatan-kegiatan praktik senam peregangan yang diikuti seluruh peserta sosialisasi," imbuh dia. (*)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help