TribunJogja/

Kota Yogyakarta

Retribusi Tera Ulang di Kota Yogyakarta Menunggu Perda Teregister

Raperda terkait Retribusi Tera dan Tera Ulang telah diparipurnakan dan menunggu proses register.

Retribusi Tera Ulang di Kota Yogyakarta Menunggu Perda Teregister
TRIBUNJOGJA.COM / Yudha Kristiawan
Dewan Perwakilan Rakyat Kota Yogyakarta menetapkan Peraturan Daerah (Perda) Tera dan Tera Ulang yang pembahasannya sudah dilakukan sejak pertengahan tahun lalu, Senin (8/1/18). 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Raperda terkait Retribusi Tera dan Tera Ulang telah diparipurnakan dan menunggu proses register.

Ketua Pansus Raperda Retribusi Tera/Tera Ulang DPRD Kota Yogyakarta, Agung Damar Kusumandaru mengatakan bahwa ketika Perda tersebut teregister, maka akan berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Yogyakarta.

"Dulu itu kewenangan provinsi. Namun setelah ada amanah UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, maka kewenangan ada di Kabupaten/Kota. Itu turunan dan disadur. Besarannya tidak direvisi," ungkapnya, Senin (16/4/2018).

Baca: Disperindag Kota Yogyakarta Rencanakan Ujicoba e-Retribusi pada Mei 2018

Sementara itu, Kepala UPT Metrologi M Ashari menjelaskan bahwa setelah Perda tersebut teregister maka pelayanan jasa tera ulang akan dikenakan retribusi.

"Besarannya, misalnya untuk timbangan meja Rp 3 ribu per unit, anak timbangan bandul Rp 200, timbangan elektronik 10 Kg biayanya Rp 10 ribu kalau timbangan elektronik 150 Kg biayanya Rp 30 ribu, SPBU per 1 nozzle biayanya Rp 25 ribu," bebernya.

Ashari menambahkan, bahwa yang akan ditarik retribusi adalah yang sudah lolos uji tera.

Bila tidak lolos tidak dikenakan retribusi, namun akan disegel atau tidak boleh digunakan sebelum sesuai.

"Setelah diuji, lolos, baru bayar. Kalau tidak sesuai, tidak bayar karena diperbaiki dulu, tidak disahkan. Setelah kita sahkan diretribusi," ujarnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: kur
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help