TribunJogja/
Home »

DIY

» Sleman

Sleman

Keraton Yogyakarta Serahkan Ubo Rampe pada Juru Kunci Gunung Merapi

Mas Asih sendiri adalah Putra dari mendiang Mbah Maridjan, Juru Kunci Merapi sebelumnya.

Keraton Yogyakarta Serahkan Ubo Rampe pada Juru Kunci Gunung Merapi
Tribun Jogja/ Alexander Ermando
Proses serah terima yang dilakukan oleh Juru Kunci Merapi Mas Asih (kiri) kepada Kepala Kecamatan Cangkringan Mustadi pada Senin (16/04/2018) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Alexander Ermando

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Rombongan dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat lakukan serah terima Ubo Rampe di Kantor Kecamatan Cangkringan, Sleman, Senin (16/04/2018).

Selain dari Keraton, penyerahan Ubo Rampe ini melibatkan Kepala Kecamatan Cangkringan Mustadi serta Juru Kunci (Kuncen) Hargo Merapi, Kliwon Suraksohargo alias Mas Asih.

Mas Asih sendiri adalah Putra dari mendiang Mbah Maridjan, Juru Kunci Merapi sebelumnya.

Kepala Kecamatan Cangkringan, Mustari sempat memberikan sambutannya. Ia pun mengucapkan terima kasih atas kehadiran rombongan Keraton Yogyakarta.

"Mewakili Kecamatan Cangkringan dan Kabupaten Sleman, Ubo Rampe ini kami terima dan akan kami bawa ke Hargo," ujar Mustari dalam bahasa Jawa Kromo Inggil.

Sementara itu, perwakilan dari Keraton Yogyakarta pun berharap agar acara labuhan tahun ini bisa membawa berkah bagi masyarakat Cangkringan.

"Semoga ini juga menjadi berkah bagi Sri Sultan HB X," ujar Andi Dalem yang menjadi wakil dari Keraton Yogyakarta.

Setelah serah terima, Ubo Rampe yang merupakan barang-barang dari Keraton Yogyakarta pun langsung dibawa menuju Petilasan Mbah Maridjan di Kinahrejo.

Prosesi perjalanan ini dilakukan dengan iring-iringan kendaraan serta mobil Jeep yang biasa digunakan untuk wisata Merapi.(*)

Penulis: Alexander Aprita
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help