Kesehatan

Dikira Lebih Higienis, Pengering Tangan Rupanya Bisa Sebarkan Bakteri

sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa mengeringkan tangan dengan mesin pengering tangan justru semakin menyebarkan bakteri.

Dikira Lebih Higienis, Pengering Tangan Rupanya Bisa Sebarkan Bakteri
https://weekfacts.com
Pengering tangan dapat bantu sebarkan bakteri. 

TRIBUNJOGJA.COM - Mungkin kamu merupakan salah satu orang yang beranggapan bahwa menggunakan pengering tangan di kamar mandi umum adalah metode pengeringan tangan yang jauh lebih baik dan higienis, dibandingkan menggunakan handuk. 

Sebaliknya, sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa mengeringkan tangan dengan mesin pengering tangan justru semakin menyebarkan bakteri. 

Dilansir dari Independent, para peneliti dari University of Connecticut telah melakukan penelitian untuk menentukan sejauh mana pengering tangan menyebarkan kuman dan bakteri berbahaya. 

Kamu pasti tahu bahwa menutup toilet setelah menggunakannya merupakan sebuah keharusan sekaligus aspek kesopanan. 

Namun tidak semua orang peduli dengan hal kecil ini. 

Ketika toilet dibilas dengan keadaan terbuka, maka saat itu juga partikel-partikel mikroskopis dari kotoran manusia bergerak ke udara. 

Partikel-partikel inilah yang kemudian tersedot oleh pengering tangan, sebelum dibuang lagi melewati udara panas yang biasanya kamu gunakan untuk mengeringkan tangan. 

Dalam studi yang dipublikasikan oleh University of Connecticut menilai dan meneliti pengering kamar mandi pria dan wanita di area yang terpisah. 

Para peneliti menggunakan piring untuk mengumpulkan bakteri yang disebarkan oleh mesin pengering tangan

Piring-piring yang terkena udara pengering tangan selama 30 detik mengumpulkan sekitar 18 hingga 60 koloni bakteri. 

Halaman
12
Editor: Fatimah Artayu Fitrazana
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help