Kota Yogyakarta

Potongan Rambut Hingga Pakaian Sri Sultan HB X Akan Dilabuh Esok Hari

Benda-benda yang biasa disebut sebagai pengageman dalem tersebut akan melengkapi ubarampe

Potongan Rambut Hingga Pakaian Sri Sultan HB X Akan Dilabuh Esok Hari
Tribun Jogja/ Rizki Halim
Keraton Ngayogyokarta menggelar prosesi Sugengan yang dihadiri oleh para abdi dalem serta kerabat keraton, Minggu (15/4/2018) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sebagai simbol pembersihan diri dari hal yang dirasa kurang baik, beberapa potongan kuku, rambut serta beberapa lembar pakaian milik Sri Sultan Hamengku Buwono X akan dilabuh.

Benda-benda yang biasa disebut sebagai pengageman dalem tersebut akan melengkapi ubarampe, yang didalamya ada beberapa hal seperti apem dan beberapa sesajian lainnya.

"Barang-barang pengageman dalem akan dilabuh yang di dalamnya termasuk potongan potongan kuku, potongan rambut, pakaian dan sebagainya, itu itemnya cukup banyak," terang Wakil Penghageng Tepas Tandha Yekti, KPH Yudahadiningrat, Minggu (15/4/2018).

Rencananya seluruh barang milik Sulatan yang termasuk di dalam ubarampe tersebut akan mulai diberangkatkan esok hari menuju tempat-tempat labuhan.

"Semua yang ada di sini besok pagi jam 08.00 pagi akan dibawa oleh para Abdi Dalem yang sudah ditugaskan untuk berpencar munuju empat penjuru labuhan," lanjut KPH Yudahadiningrat.

Bukan tanpa alasan, tujuan dilabuhnya barang-barang pribadi milik Sri Sultan merupakan wujud pembersihan diri dari hal-hal negatif.

"Semua ini tujuannya untuk membersihakan diri dari hal-hal yang selama ini dipandang masih kotor," pungkas KPH Yudahadiningrat. (*)

Penulis: Rizki Halim
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help