Kota Yogyakarta

Keraton Yogyakarta Gelar Prosesi Sugengan Peringati Hari Penobatan Sultan

Acara tersebut dilaksanakan di Bangsal Kencana, dengan terlebih dahulu diawali prosesi arak-arakan Abdi Dalem

Keraton Yogyakarta Gelar Prosesi Sugengan Peringati Hari Penobatan Sultan
Tribun Jogja/ Rizki Halim
Keraton Ngayogyokarta menggelar prosesi Sugengan yang dihadiri oleh para abdi dalem serta kerabat keraton, Minggu (15/4/2018) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Bertepatan dengan hari peringatan penobatan Sultan, Minggu (15/4/2018), Keraton Ngayogyokarta menggelar prosesi Sugengan yang dihadiri oleh para abdi dalem serta kerabat keraton.

Acara tersebut dilaksanakan di Bangsal Kencana, dengan terlebih dahulu diawali prosesi arak-arakan Abdi Dalem menyiapkan ubarampe Labuhan.

Prosesi Sugengan sendiri merupakan wujud doa yang ditujukan kepada Tuhan, dengan tujuan dan memohon agar diberikan  keberkahan.

Dalam artian, berkah tersebut diharapkan dapat diberikan Tuhan kepada Keraton secara umum, dan khususnya Sri Sultan Hamengku Buwono X agar diberi berkah semasa memimpin.

"Upacara kali ini disebut Sugengan dan memang tidak ada acara ramai-ramai atau keramaian karena acara kali ini hanya prosesi memanjatkan doa," terang Wakil Penghageng Tepas Tandha Yekti, KPH Yudahadiningrat, saat ditemui usai prosesi Sugengan.

Lebih lanjut KPH Yudahadi menerangkan, melalui doa yang dipanjatkan, diharapkan agar Sultan dapat terus menyejahterakan para rakyatnya.

"Sugengan dilakukan untuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, agar keraton ini diberi berkah keselamatan, kesejahteraan dan semua berkah diberikan tuhan kepada keraton Ngayogyakarta, serta kepada Ngarsa Dalem agar beliau diberi kemampuan untum memimpin keraton dan masyarakat Yogyakarta untuk bisa mengayomi dan mensejahterakan Abdi Dalem dan rakyatnya," kata KPH Yudahadiningrat.

Acara Sugengan sendiri dilangsungkan secara tertutup, untuk dapat menjaga kihdmat saat melakukan doa dalam prosesi tersebut. (*)

Penulis: Rizki Halim
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help