Home »

Jawa

Budaya

Tingalan Jumenengan Dalem, Keraton Ngayogyokarto Membuat 600 Apem

Dalam rangka Tingalan Jumenengan Dalem, Keraton Ngayogyokarto membuat 600 apem dalam prosesi Ngapem yang digelar di Sekar Kedhaton Bangsal Keputren

Tingalan Jumenengan Dalem, Keraton Ngayogyokarto Membuat 600 Apem
Tribun Jogja/ Rizki Halim
Prosesi 'Ngapem' yang digelar oleh Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat di Sekar Kedhaton Bangsal Keputren, Sabtu(14/4/2018) 

TRIBUNJOGJA.COM - Dalam rangka Tingalan Jumenengan Dalem, Keraton Ngayogyokarto membuat 600 apem dalam prosesi Ngapem yang digelar di  Sekar Kedhaton Bangsal Keputren.

Nantinya apem-apem tersebut akan dijadikan sebagai sesajian dalam upacara labuhan, dan sisanya akan dibagikan kepada Abdi Dalem dan beberapa kerabat keraton.

Apem akan diseleksi, dan yang memiliki kualitas terbaik kemudian selanjutnya disusun sedemikian rupa hingga nantinya dapat digunakan dalam prosesi labuan.

Penghageng Kawedanan Hageng Panitrapura, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, GKR Condrokirono menerangkan, apem dengan kualitas baik yaitu yang memiliki warna dan bentuk serta ukuran yang sesuai.

"Jumlahnya ada 600 apem setiap tahunnya yang kita buat, dan itu nanti juga ada yang bagus dan tidak, nanti yang untuk labuhan kita gunakan yang bagus dengan ukuran serta bulatnya sama sehingga saat ditata akan seimbang," kata GKR Condrokirono.

Untuk prosesi penataan apem sendiri akan dilakukan esok hari, karena pada prosesi ngapem hanya dilakukan proses pembuatan apem.

"Sekarang kita membuat apem, lalu besok kita akan menata rangkaian untuk kemudian dilakukan prosesi labuhan," pungkas GKR Condrokirono. (tribunjogja)

Penulis: Rizki Halim
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help