TRIBUNJOGJA TV

TRIBUNJOGJA TV: Keraton Yogyakarta Gelar Hajad Dalem Yasa Peksi Burak Peringati Isra Miraj

Dalam rangka memperingati peristiwa Isra Miraj, Keraton Yogyakarta pada Kamis (12/4/2018) mengadakan Hajad Dalem Yasa Peksi Burak

TRIBUNJOGJA.COM - Dalam rangka memperingati peristiwa Isra Miraj, Keraton Yogyakarta pada Kamis (12/4/2018) mengadakan Hajad Dalem Yasa Peksi Burak.

Acara peringatan ini diawali dengan pembuatan Peksi Burak (burung buroq) tiruan, yang terdiri dari pohon buah-buahan dan empat pohon tumbuh-tumbuhan.

Peksi Burak sendiri dibuat dari susunan buah dan kulit jeruk bali yang ditata sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk seekor burung.

"Tujuan dari acara ini adalah untuk memperingati peristiwa perginya Rasullulah dengan Burak dalam peristiwa Israj Miraj, Burak sendiri adalah mahluk yang ditunggangi nabi dalam peristiwa tersebut," terang KRT Zuban Hadiningrat.

Masing-masing Peksi Burak akan diletakkan di atas sarang, yang dibuat dari dedaunan sebagai tempatnya singgah, Peksi Burak dan susuh diletakkan di bagian paling atas dari pohon buah.

Yasa Peksi Burak dilaksanakan sejak pagi hari dan dilaksanakan oleh para kerabat dan Abdi Dalemputeri, sedangkan Permaisuri ataupun putri sulung Sultan akan memimpin jalannya Yasa Peksi Burak. (*)

Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help