Budaya

Peringati Isra Miraj, Keraton Adakan Hajad Dalem Yasa Peksi Burak

Dalam rangka memperingati peristiwa Isra Miraj yang jatuh pada beberapa hari lagi, Keraton Yogyakarta mengadakan Hajad Dalem Yasa Peksi Burak.

Peringati Isra Miraj, Keraton Adakan Hajad Dalem Yasa Peksi Burak
Tribun Jogja/ Rizki Halim
Abdi Dalem Keraton Yogyakarta membawa gunungan Yeksi Burak ke Masjid Gedhe Kauman 

TRIBUNJOGJA.COM - Dalam rangka memperingati peristiwa Isra Miraj yang jatuh pada beberapa hari lagi, Keraton Yogyakarta pada Kamis (12/4/2018) mengadakan Hajad Dalem Yasa Peksi Burak.

Acara peringatan ini diawali dengan pembuatan Peksi Burak (burung buroq) tiruan, yang terdiri dari pohon buah-buahan dan empat pohon tumbuh-tumbuhan.

Peksi Burak sendiri dibuat dari susunan buah dan kulit jeruk bali yang ditata sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk seekor burung.

"Tujuan dari acara ini adalah untuk memperingati peristiwa perginya Rasullulah dengan Burak dalam peristiwa Israj Miraj, Burak sendiri adalah mahluk yang ditunggangi nabi dalam peristiwa tersebut," terang KRT Zuban Hadiningrat.

Masing-masing Peksi Burak akan diletakkan di atas sarang, yang dibuat dari dedaunan sebagai tempatnya singgah, Peksi Burak dan susuh diletakkan di bagian paling atas dari pohon buah.

Yasa Peksi Burak dilaksanakan sejak pagi hari dan dilaksanakan oleh para kerabat dan Abdi Dalemputeri, sedangkan Permaisuri ataupun putri sulung Sultan akan memimpin jalannya Yasa Peksi Burak.

Pekerjaan membuat Peksi Burak yang terdiri dari susunan pohon buah serta merangkai bunga melati, dan kantil hanya boleh dilakukan oleh para kerabat dekat sultan.

Sementara itu, penyusunan pohon bunga atau taman bunga dilakukan oleh para Abdi Dalem Keparak (Abdi Dalem wanita).

Proses pembuatan rangkaian Peksi Burak dan pohon bunga dilakukan hingga menjelang waktu shalat Dhuhur di Bangsal Sekar Kedhaton, yang berada di wilayah keputren.

Setelah itu, seusai shalat Asar, Peksi Burak yang telah selesai dirangkai tersebut diarak menuju Masjid Gedhe.

Rute yang dilalui Peksi Burak yaitu melalui halaman tengah atau pelataran keraton, keluar melalui Regol Kamandungan Lor, melewati Jalan Rotowijayan, kemudian menuju Masjid Gedhe yang berada di sisi barat Alun-Alun Utara Keraton Yogyakarta.

Lalu, sesampainya di Masjid Gedhe, Abdi Dalem Suranata yang bertugas menyerahkan Peksi Burak tersebut kepada Abdi Dalem Pengulon Masjid Gedhe. (tribunjogja)

Penulis: Rizki Halim
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help