Agenda Jogja Hari Ini

Kenalkan Jumputan ke Masyarakat, Disperindag DIY Gelar Jumputan On The Street

Disperindag DIY membuka kesempatan bagi masyarakat luas, untuk bersama-sama mempelajari teknik pembuatan jumputan.

Kenalkan Jumputan ke Masyarakat, Disperindag DIY Gelar Jumputan On The Street
TRIBUNJOGJA.COM / Azka Ramadhan
Kepala Disperindag DIY, Tri Saktiyana (kiri), memperlihatkan kain motif jumputan hasil produksi perajin asal Tahunan, Kamis (12/4/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Jumputan selama ini masih kalah pamor dengan motif tekstil tradisional lain, seperti batik, tenun dan sebagainya.

Karena itu, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) DIY terus berupaya agar jumputan bisa lebih dikenal masyarakat.

Kepala Disperindag DIY, Tri Saktiyana mengatakan bahwa upaya yang ditempuh pihaknya adalah dengan melangsungkan agenda 'Jumputan On The Street' di Celeban, Tahunan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, selama tiga hari ke depan, pada 13-15 April.

"Terus terang, kami ingin membawa jumputan ke level yang lebih tinggi. Dalam artian, setidaknya jumputan bisa disamakan dengan motif-motif tekstil tradisional lainnya," katanya, saat dijumpai di Kantor Disperindag DIY, Kamis (12/4/2018).

Sesuai dengan temanya, dalam agenda tersebut, Disperindag DIY memang membuka kesempatan bagi masyarakat luas, untuk bersama-sama mempelajari teknik pembuatan jumputan.

Bagi yang berminat, dipersilakan langsung ambil bagian, tanpa dipungut biaya.

"Untuk agenda ini, kita jadwalkan di hari Sabtu (14/4/2018). Masyarakat silakan belajar, nanti peralatan semua kita sediakan. Kemudian, hasilnya akan dinilai. Tentu saja, kami siapkan juga hadiah menarik, untuk peserta dengan hasil karya terbaik," cetus Tri.

Ia pun mengungkapkan, yang tidak kalah menarik, pada Minggu (15/4/2018), bakal berlangsung fashion show khusus pakaian bermotif jumputan, yang dilanjutkan dengan gelar parade.

Agenda fashion show sendiri, akan diikuti oleh anak-anak dan remaja usia SD, hingga SMA.

"Karena itu, selain dengan Kelurahan Tahunan, kita juga menggandeng Asosiasi Pengusaha dan Perancang Mode Indonesia (APPMI) DIY, untuk memberi sentuhan artistik dalam kegiatan ini," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: aka
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved